Saturday 5 September 2009

Kasus Bank Century PKS Minta Pemerintah Transparan

Ketua DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) M Sohibul Iman mengharapkan kasus dana talangan Bank Century sebesar Rp6,7 triliun agar dibuka secara transparan oleh pihak-pihak yang kompeten seperti Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

"BPK yang berkompeten melakukan audit, kita dorong untuk masuk dan membuka secara transparan, sehingga kasus ini benar-benar jelas dan tidak ada lagi spekulasi," katanya dalam jumpa pers di Jakarta, Jumat (4/9).

Menurut dia, dibukanya kasus itu secara transparan agar masyarakat mengetahui siapa-siapa saja yang bersalah dalam kasus itu sehingga merugikan negara. Dikatakannya, dibukanya kasus itu secara transparan juga akan meningkatkan kredibilitas pemerintahan ke depan, karena kalau tidak jelas justru akan menyisakan pertanyaan-pertanyaan di masyarakat.

PKS, katanya, tidak ingin berandai-andai tentang siapa yang dianggap bersalah dalam kasus itu dan menyerahkannya pada proses audit BPK maupun proses hukum, jika memang ditemukan adanya indikasi korupsi atau kriminal. BPK, kata dia, saat sudah mulai bergerak melakukan audit investigatif terhadap kasus Bank Century itu.

"Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) juga akan bergerak jika ada indikasi korupsi dalam kasus itu dan polisi juga akan menindaklanjuti kalau ada indikasi tindak kriminal dalam kasus itu. Karenanya, biarlah proses itu berjalan," katanya.

No comments:

Post a Comment