Monday 26 April 2010

STRES BAGI PENDERITA DIABETES DAPAT MENAIKKAN KADAR GULA DARAH

Untuk kebanyakan orang, stres itu mengganggu dan tidak menyenangkan; dan untuk orang yang menderita diabetes, maka hal itu bisa berakibat langsung pada kesehatan. Hormon stres dapat menyebabkan kadar gula darah meningkat dan ketika sedang stres, anda mungkin membutuhkan lebih banyak insulin atau obat lain untuk mengendalikan gula darah.

Respon anda terhadap stres bisa memperburuk masalah. Jika anda mengabaikan makan, olah raga, atau cenderung makan makanan tidak sehat, maka gula darah anda akan menjadi terlalu tinggi atau terlalu rendah.

Richard Hellman, MD, mantan presiden American Association of Clinical Endocrinologists berkata, "Terdapat sebuah mitos di luar bahwa tingkat gula darah berhubungan dengan makanan." Yang benar adalah bahwa ada faktor lain memainkan peran, termasuk stres. Sebagai contoh, jika anda guru sekola yang memakai insulin saat makan siang, maka rapat pagi dengan rekan kerja yang sulit dapat mempengaruhi kemampuan insulin untuk mengendalikan gula darah anda.

Dr. Hellman berkata, "Orang itu akan mempunyai tingkat glukosa yang lebih tinggi dari normal. Hanya sebagian saja berkaitan dengan apa yang mereka makan. Sementara bagian lain berkaitan dengan fakta bahwa hormon mereka mengocok keluar adrenalin dan hormon stres lainnya." Jika anda berada di bawah tekanan, maka anda memerlukan insulin lebih banyak untuk mengkoreksi kelebihan gula darah, atau menguranginya jika anda bisa mengubah perilaku anda.

Stres juga bisa mempengaruhi gaya hidup

Susan Guzman, PhD, psikolog senior dari Behavioral Diabetes Institute di San Diego mencatat bahwa ketika stres bisa menyebabkan naiknya gula darah, maka stres juga bisa menyebabkan orang mengabaikan olah raga atau lebih memilih makanan yang tidak sehat. "Saya pikir masalah yang lebih besar dari stres adalah bahwa anda kemudian berhenti menyisihkan waktu untuk berolah raga, berhenti memeriksakan gula darah anda secara teratur, dan berhenti membuat rencana untuk makanan."

Cara terbaik untuk memecahkan lingkaran itu adalah kembali ke jalur perawatan diabetes anda yang benar -- meskipun itu hanyalah berupa langkah kecil seperti berjalan kaki selama 15 menit di siang hari. "Bahkan jika anda mengalami stres atau di kejar batas waktu, jangan buat keputusan untuk pergi ke restoran cepat saji seperti McDonald."

Guzman, yang mengajar kelas diabetes dan depresi, berkata bahwa mengambil bagian dalam sebuah kelompok juga membantu menghilangkan kegelisahan untuk beberapa orang. "Menemukan tempat di mana anda bisa datang, berbicara, mendapat dukungan dan bisa merasakan bahwa anda tidak sendiri, itu semua mengandung nilai pengobatan."

No comments:

Post a Comment