Wednesday 31 October 2012

40 TEWAS, JUTAAN TANPA LISTRIK AKIBAT BADAI SANDY

WASHINGTON--MICOM: Sedikitnya 40 orang tewas serta jutaan lainnya tidak mendapat pasokan listrik dan alat transportasi di seluruh penjuru timur laut AS akibat terjangan badai Sandy yang kini melaju menuju Kanada. 

Di New York City saja 18 korban tewas sementara alat transport utama di kota itu masih ditutup tanpa ada penjelasan kapan bisa berfungsi kembali. 

Lebih dari 18.000 penerbangan juga ditunda kata website pencatat perjalanan udara, FlightAware. 

Sementara di Kepulauan Karibia, yang dilewati sebelum menghantam AS, Sandy telah menewaskan 60 korban. 

Terjangan badai Sandy kali ini memecahkan rekor kekuatan hantaman angin dengan ketinggian mencapai 4,2m di Manhattan tengah, jauh lebih tinggi dari kekuatan badai Donna setinggi 3m tahun 1960, kata Kantor Layanan Cuaca Nasional. 

Sedikitnya delapan juta rumah dan tempat usaha tak dialiri listrik karena badai, kata Departmen Energi AS. 

Sementara lantai bursa di Bursa Efek New York baru akan dibuka lagi hari ini, Rabu (31/10) setelah tutup dua hari, begitu pula Bursa Efek Nasdaq. Tahun terakhir bursa ditutup sampai dua hari adalah pada 1888. 

Sistem kereta bawah tanah New York mengalami kerusakan terparahnya dalam 108 tahun sejarah moda transportasi masal itu kata Joseph Lhota, kepala Otoritas Transit Metropolitan (MTA) AS. 

Terowongan kereta dipenuhi genangan air sementara alat-alat listriknya harus dibersihkan dulu sebelum jaringan transport publik terpenting New York ini bisa berfungsi kembali. 

Walikota New York Michael Bloomberg mengatakan "tak ada batas waktu" hingga kapan subway bisa dibuka kembali, namun berharap layanan bus sudah bisa difungsikan kembali Rabu ini. 

Seluruh bandar udara utama di New York juga masih ditutup karena jalur landas pacu masih kebanjiran. 

Kemungkinan akan perlu waktu hingga dua sampai tiga hari sebelum listrik dapat menyala kembali di seluruh kota, kata Walikota Bloomberg. 
aLayanan kereta komuter Path, yang menghubungkan New Jersey dan New York City, juga akan tetap ditutup antara tujuh sampai 10 haro, kata Gubernur New Jersey Chris Christie. 

Air pasang yang dibawa badai meninggalkan onggokan puing setinggi 2,25m dan menghanyutkan kereta-kereta kecil hingga tempat-tempat tinggi di New Jersey Turnpike, tambah Christie. 

Presiden Barack Obama menunda kampanye untuk ketiga harinya meski pekan ini merupakan saat menentukan menjelang pemilihan presiden pekan depan agar dapat fokus memimpin upaya mengatasi bencana. 

Sementara pesaingnya dari kubu Republik, Mitt Romney, melanjutkan kampanye meski dalam skala kecil Selasa (30/10), dengan mengubah pawai menjadi arena pengumpulan dana untuk korban badai di negara bagian Ohio. 

Gubernur Christie, seorang anggota kubu Republik dan pendukung berat kampanye capres Romney, memuji langkah yang diambil Presiden Obama dari kubu Demokrat terkait pengendalian dampak bencana. 

"Saya bicara pada presiden tiga kali kemarin," kata Christie pada CNN. "Dia sangat mendukung dan membantu negara bagian kami dan tidak sekalipun dia menyebut-nyebut soal pemilu... Kalau dia tidak melakukannya saya pasti juga tidak akan mengungkit-ungkitnya." 

Biaya pembersihan puing dan sampah dan pembenahan akibat badai diperkirakan mencapai US$30-40 miliar (Sekitar Rp290-385 triliun), kata wartawan bisnis BBC Mark Gregory. Meski nampak besar biaya ini masih jauh lebih sedikit dibanding ongkos pembangunan kembali akibat badai Katrina tahun 2005 yang mencapai US$100 miliar (Rp960 triliun)

No comments:

Post a Comment