Tuesday 27 November 2012

Wanita-wanita di Balik Skandal Besar Dunia

Biasanya nama seseorang tercatat dalam sejarah karena dua hal, yaitu jasanya atau skandal yang dibuatnya. Berikut beberapa wanita yang terkenal karena namanya tercatat ada dibalik skandal-skandal besar dunia.

1. Imelda Marcos
Wanita kelahiran 2 Juli 1929 ini adalah istri dari mantan Presiden Filipina yang ke-10, Ferdinand Marcos yang digulingkan dalam kudeta oleh Revolusi Kekuatan Rakyat yang dipimpin oleh Cory Aquino. Imelda terkenal dengan julukan “kupu-kupu besi” dan gaya hidupnya yang super mewah dengan mengoleksi, lukisan, perhiasan, gaun, dan sepatu hingga berjumlah 2700 pasang.

2. Jiang Qing
Jiang Qing adalah istri dari Mao Zedong, pemimpin tertinggi Partai Komunis di Cina yang dikenal sangat diktator. Jiang Qing sendiri merupakan penggagas dari Revolusi Kebudayaan dengan dia sebagai wakil ketuanya. Selama revolusi kebudayaan banyak sekali peninggalan sejarah, dan barang2 antik lainnya dimusnahkan. Para cendekiawan dan ahli-ahli banyak yang dibunuh atau dikirim ke penjara. Warga sipil juga banyak yang disiksa dan dibunuh hak-hak asasinya. Para ahli sejarawan mencatat sekitar 3 juta orang tewas dalam masa Revolusi Kebudayaan tersebut.

3. Monica Lewinsky
Wanita dengan nama lengkap Monica Samille Lewinsky ini adalah pemegang gelar Magister bidang psikologi sosial dari London School of Economics. Monica adalah wanita yang berada dibalik skandal “Monicagate” karena hubungan seksualnya dengan mantan Presiden Amerika Serikat, Bill Clinton pada tahun 1997 yang akhirnya melengserkan Bill Clinton pada tahun 1998.

4. Bonnie Parker
Bonnie Elizabeth Parker, demikianlah nama wanita cantik ini yang pada tahun 1931-1934 bersama sang kekasih, Clyde Chestnut Barrow membuat “geger” Amerika Serikat dengan serangkaian perampokan bank, toko, dan stasiun pengisian bahan bakar. Pasangan ini dicatat bertanggung jawab atas tewasnya 9 petugas kepolisian dan beberapa warga sipil. Bonnie Parker dan Clyde Barrow akhirnya tewas dalam baku tembak dengan kepolisian di Louisiana pada tanggal 23 Mei 1934. Meskipun sepak terjang pasangan ini sangat membuat repot aparat hukum namun mereka menjadi pahlawan berkat daya tarik yang dimiliki Parker.

5. Lady Godiva
Lady Godiva adalah seorang bangsawati Anglo-Sakson, istri dari seorang Baron di Coventry, Inggris. Godiva meminta sang suami untuk menurunkan pajak yang sudah terlampau mencekik leher rakyatnya. Sang Baron menyanggupi permintaan Lady Godiva jika istrinya itu mau berkuda sambil telanjang bulat melalui jalanan di Coventry. Dan demi nasib rakyatnya, Lady Godiva melaksanakannya. Suaminya tak menyangka jawaban dari istrinya ini, lalu memerintahkan rakyatnya untuk menutup pintu dan jendela agar tak ada seorang pun yang menyaksikan istrinya bugil. Namun sayang bagi seorang pria bernama Tom, dia berusaha mengintip Lady Godiva dan saat itu juga matanya buta dan meninggal.

6. Lucrezia Borgia
Wanita kelahiran Italia tanggal 18 April 1840 ini adalah anak tidak sah dari Cardinal Rodrigo Borgia yang kemudian diangkat menjadi Paus Alexander VI. Sang Paus dicurigai melakukan hubungan seksual sedarah atau incest, memiliki dua istri, serta memiliki setidaknya seorang anak tidak sah melalui hubungan zina. Ia juga ditengarai terlibat pembunuhan, dan intrik politik.

7. Joan of Arc
Joan of Arc lahir di Lorraine, Perancis, 6 Januari 1412. Joan adalah pahlawan negara Perancis. Dia mengaku mendapat penglihatan, yang dipercayainya berasal dari Tuhan, dan menggunakannya untuk membangkitkan semangat pasukan Charles VII untuk merebut kembali bekas wilayah kekuasaan mereka yang dikuasai Inggris pada masa Perang Seratus Tahun. Walaupun berhasil mengamankan penobatan Charles VII, tapi ia tak dapat menyingkirkan pasukan Inggris dari Prancis. Pengadilan Ecclesiastical Inggris menuduhnya bersalah karena bidah dan membakarnya di tiang gantungan. Dua puluh lima tahun kemudian, keyakinan ini ditumbangkan oleh Paus Callixtus III. Pada 1920, hampir 500 tahun kemudian, Joan of Arc dinobatkan sebagai Santo Pelindung Perancis.

8. Cleopatra
Ratu Mesir kuno ini menjatuhkan raja gagah perkasa, Julius Caesar karena perselingkuhannya dengan Marc Anthony. Dia juga mengklaim dirinya merupakan reinkarnasi Dewi Isis, menggunakan susu untuk mandi dan pada saat Augustus (Octavianus) naik tahta dan menyerang Mesir, Cleopatra memilih bunuh diri dengan cara memasukkan tangannya sendiri kedalam keranjang penuh ular berbisa.


No comments:

Post a Comment