Thursday 6 May 2010

AGUS MUFTACH TENTANG AGAMA

Agus Miftach Ktk brlalu zaman mitologi n tiba zaman agama n filsafat yg disbt zaman axial (abad ke 9 - 2 SM), dunia trasa lbh cerah. Trjadi transformasi sosial signifikan. Tapi kini kita sdh di zaman iptek dimana sgl ssuatu dimulai dg rasionalitas akal pikiran. Mitologi n agama yg irrasional dogamtis dg iman transenden mnjadi lata...r blakang peradaban. Kita tidak akan brjalan mundur tp trus maju kdepan dg rasionalism zaman modern.
Lihat Selengkapnya
3 jam yang lalu · Komentari · Tidak SukaSuka
Anda dan 3 orang lainnya menyukai ini.
Lilik Edhie
Lilik Edhie
Indonesia bisa? Jadi basis awal ladang peradaban maju,dng kategori rasionalitas akal pikiran dan berjalan maju,Platformnya Rasionalism?
3 jam yang lalu
Imadya Imoetz
Imadya Imoetz
duh..
tnggi bgt bhsax,
2 jam yang lalu
David Suryajaya
David Suryajaya
Filsafat dan teologi dari barat bung...masyarakatnya terbuka...dunia arab..menganggap tabu tentang filsafat/teologi...dan merasa aneh kalo tuhannya atau muhamad di obok2 dengan teori manusia...bagaimana menurut anda..?
2 jam yang lalu
Ainut Tijar
Ainut Tijar
Jadi bagaimana dengan agama? Dalam kitab suci sering disebut langit dan BUMI, yang seolah olah bumi adalah pusat alam semesdta. Padahal kita tahu bahwa bumi hanya setitik debu dibanding alam semesta ini. Di situ disebutkan bahwa Muhammad adalah utusan seluruh alam. Bagaiman penjelasan ilmu pengetahuan? Atau jangan jangan agama dalah daya nalar ... Lihat Selengkapnyamanusia pada jaman dimana agama itu lahir, atau dengan kata lain bahwa agama adalah ciptaan manusia. Termasuk Tuhan juga ciptaan manusia. Bagaimana penjelasan Pak Kiyai mengenai ini?
51 menit yang lalu ·
Agus Miftach
Agus Miftach
@David. Karena itu dunia Arab tertinggal di abad pertengahan.
@Ainut Tijar. Agama dan tuhan2 memang ciptaan manusia belaka. Bersumber dari imajinasi manusia.

No comments:

Post a Comment