Wednesday 28 November 2012

Pecat Manager Pemetaan, Apple Minta Bantuan Tom Tom. Manajer Maps, Richard Williamson, dianggap bertanggung jawab atas Maps


Apple memang memiliki masalah dalam aplikasi pemetaan di sistem operasi barunya, iOS 6. Perusahaan pembuat iPhone tersebut lalu mencopot manajer Maps, Richard Williamson, yang dianggap bertanggung jawab atas kegagalan Apple Maps.

Kini Apple dilaporkan sedang mencari cara untuk meningkatkan point of interest (POI) dari data pemetaan. Secara khusus, Apple mencari "ahli pemetaan dari luar". Perusahaan pemetaan asal Belanda, TomTom NV, kemudian ditunjuk untuk membantu memperbaiki data mereka.
Data POI dalam Apple Maps adalah salah satu keluhan utama yang dialamipengguna. Data tersebut disediakan oleh sekelompok mitra, termasuk Yelp, dan dikeluhkan karena banyak menampilkan data tak akurat. Meskipun TomTom adalah salah satu penyedia data ke Apple, tapi perusahaan pemasok data pemetaan asal Belanda tersebut bukan sumber utama untuk data POI.
Apple ingin Tom Tom 'memperbaiki' data yang sudah disediakan Apple. Ini dilakukan mengingat Tom Tom merupakan penyedia besar data pemetaan, khususnya di luar negeri.

Apple sudah bertanggung jawab atas buruknya aplikasi Maps. Sebelumnya,
CEO Apple Tim Cook meminta maaf secara terbuka, dan mengungkap bahwa perusahaan telah melakukan restrukturisasi terkait kegagalan Maps. Eddy Cue, Senior Vice President Apple, kemudian ditunjuk untuk memegang langsung pemetaan.

Sebelum dipecat, Richard Williamson merupakan orang yang mengawasi pengembangansoftware pemetaan mobile Apple. Terakhir ia menduduki Direktur Senior Layanan iOS. Kepergian Williamson dari Apple menambah daftar panjang eksekutif Apple yang meninggalkan perusahaan karena kendala aplikasi pemetaan.
Sebelumnya, Scott Forstall, dipecat sebagai mantan kepala software iOS. Ini dilakukan Apple setelah mengalami masalah pada aplikasi Maps di iOS.

Pemecatan Williamson dilaporkan terjadi sebelum libur Thanksgiving. Sampai saat ini, belum diketahui siapa yang akan ditunjuk oleh Apple untuk gantikan Williamson. (The Next Web, All Things D | umi)

No comments:

Post a Comment