Thursday 8 November 2012

Keluarga Ingin Soeharto Juga Dapat Gelar Pahlawan Nasional Keluarga besar Soeharto mengucapkan selamat pada keluarga proklamator.

Kemenangan Barack Obama dalam pemilihan presiden Amerika Serikat untuk periode empat tahun ke depan adalah bukti naiknya arus politik progresif di berbagai belahan dunia. Indonesia jangan ketinggalan trend, kemenangan Obama bisa jadi pelajaran dalam memilih pemimpin para pemilu 2014 mendatang.Budiman Sudjatmiko

"Politik progresif ini ditandai dengan kebijakan ekononomi politik yang berorientasi pada distribusi kesejahteraan atau pemerataan, solidaritas dan kesetaraan dalam kebebasan," kata anggota DPR RI dari PDI Perjuangan, Budiman Sudjatmiko, dalam pernyataan tertulisnya yang diterima VIVAnews, Rabu 7 November 2012. 

Dalam politik progresif ini, kata Sudjatmiko, negara kembali memainkan peranan penting untuk berfungsi mengurangi kesenjangan sosial yang diakibatkan oleh mekanisme ekonomi pasar bebas atau kapitalisme neoliberal.

"Obama yang menekankan pada nilai-nilai empati, tanggungjawab sosial dan solidaritas dalam bentuk kebijakan pengamanan jaring pengaman sosial untuk melindungi masyarakat kelas menengah ke bawah (masyarakat miskin), pengetatan pasar keuangan agar tidak liar dalam mencari laba, kenaikan pajak bagi masyarakat yang berpendapatan sangat tinggi dan sebagainya, adalah bagian dari kecenderungan dunia saat ini," jelas Sudjatmiko. 

Kemenangan Francois Hollande dalam pilpres Perancis maupun fenonema kemenangan pemimpin-pemimpin sosialis di negeri-negeri Amerika Latin maupun kemenangan Obama adalah bukti dari kemenangan Politik Progresif ini. Bangsa Indonesia yang akan memilih pemimpin pada 2014 nanti, lanjutnya, diharapkan bisa mengambil pelajaran dari kejadian ini. 

"Politik Oligarki yang berlandaskan uang sudah usang dan ketinggalan jaman. Saya ucapkan selamat untuk Obama dan semoga kemenangannya bisa mengerem ketegangan politik dunia dan menggantinya dengan politik luar negeri yang lebih ramah: penciptaan perdamaian di Timur Tengah, peredaan ketegangan akibat sengketa teritorial antara China dengan Jepang dan ketegangan di Semenanjung Korea, mencairnya hubungan baik dengan negeri-negara Amerika Latin yang juga sedang menempuh Politik Progresif," ujar Sudjatmiko.

"Indonesia juga semoga bisa memanfaatkan kemenangan Obama ini, yaitu dengan meyakinkan Presiden Obama tentang hak-hak Indonesia dalam setiap kesepakatan investasi maupun perdagangan," tutupnya.

No comments:

Post a Comment