Monday 16 September 2013

Pesawat Voyager: 36 Tahun Menjelajahi Semesta, Bawa Pesan Buat Alien


2 Pesawat Voyager telah diluncurkan Badan Antariksa AS (NASA) sejak 4 dasawarsa yang lalu. Sudah banyak data-data ilmiah yang menguak misteri luar angkasa selama 2 pesawat itu melanglang menjelajah alam semesta. Apa saja?

Berikut 5 fakta mengenai 2 pesawat Voyager seperti dikutip dari Live Science

1. Keluar Tata Surya Setelah 36 Tahun
Pesawat Voyager diluncurkan pada akhir 1970-an untuk mengeksplorasi planet-planet terluar dalam sistem Tata Surya. Pada 12 September 2013, NASA mengumumkan bahwa pesawat Voyager 1 telah sukses meninggalkan sistem Tata Surya, berada di ruang antarbintang pada 1 Agustus 2013 lalu.

Voyager 1 dan Voyager 2 dibangun NASA di Laboratorium Jet Propulsi di Pasadena, California. Yang terlebih dulu diluncurkan adalah Voyager 2 pada 20 Agustus 1977 dan Voyager 1 diluncurkan 2 pekan kemudian, 5 September 1977.

Kedua pesawat Voyager itu melalui rute penerbangan dan kecepatan yang berbeda. Kini September 2013, Voyager 2 menempuh jarak 14 miliar kilometer dari Matahari. Sedangkan Voyager 1 sudah berhasil menempuh jarak 17,4 miliar kilometer dari Matahari, menjadi obyek buatan manusia pertama yang mencapai jarak terjauh dari Bumi.

2. Butuh Setengah Hari Lebih untuk Kontak Pesawat
Kedua pesawat Voyager ini sampai hari ini mengirimkan banyak informasi mengenai luar angkasa kepada Deep Space Network, stasiun darat NASA. Untuk mengontak pesawat ini, mengirimkan sinyal dari stasiun di darat dengan kecepatan cahaya saja bisa menghabiskan waktu lebih dari setengah hari.

Butuh waktu 13 jam agar sinyal komunikasi sampai ke Voyager 2 dan butuh waktu 16 jam agar sinyal komunikasi sampai di Voyager 1.

3. Melanglang ke Planet-planet Besar
Misi utama 2 pesawat Voyager dalam 5 tahun pertama adalah mengeksplorasi planet Jupiter dan Saturnus, termasuk cincin Saturnus dan bulan-bulan yang mengitari kedua planet itu.

Setelah sukses, misi itu kemudian berkembang menjadi menjelajahi planet-planet luar di sistem Tata Surya, termasuk Uranus dan Neptunus. Dari Jupiter, Saturnus, Uranus dan Neptunus, Voyager sudah mengumpulkan data total 49 bulan yang mengitari keempat planet terluar itu, termasuk medan magnet yang mengitarinya.

Misi terkini Voyager mempelajari ruang antariksa di luar sistem Tata Surya, yakni di ruang antarbintang.

4. Bawa Pesan buat Alien
Kedua pesawat Voyager ini membawa pesan rekaman dari Bumi dalam cakram fonograf 12 inci dan berlapis emas. Ketua misi Voyager, astronom Carl Sagan memilih isi rekaman-rekaman yang berada dalam cakram itu.

Cakram itu seperti kapsul waktu peradaban yang harus dibawa Voyager ke sistem bintang atau galaksi lain. Cakram itu seperti mengandung gambar, suara, ucapan selamat dalam 55 bahasa di dunia, musik dari berbagai kebudayaan dan masa

5. 5 Tahun Menuju Ruang Antarbintang
Voyager 1 telah mencapai ujung dari Tata Surya, di mana gerakan angin Matahari berhenti. Selanjutnya, Voyager 1 harus melalui lapisan terluar Tata Surya yang masih dipengaruhi Matahari.

Setelah itu Voyager 1 baru memasuki ruang antarbintang dan ilmuwan mengatakan Voyager 1 membutuhkan waktu 5 tahun untuk menyeberangi ruang perbatasan ini.


No comments:

Post a Comment