Wednesday, 2 January 2013

Apa Keuntungan Perdagangan Saham Dibuka Lebih Awal? Perubahan untuk menyelaraskan waktu perdagangan dengan bursa regional

Lantai bursa
PT Bursa Efek Indonesia (BEI) memutuskan bahwa perdagangan saham mulai Rabu 2 Januari 2013, akan dimulai lebih awal. Dalam pengumuman di BEI, sesi pra-pembukaan di pasar reguler mulai pukul 08.45-08.55 dari awalnya 09.10-09.25 WIB.
Sedangkan sesi I di pasar reguler, tunai, dan negosiasi, akan maju 30 menit dari sebelumnya yaitu mulai pukul 09.00. Pada sesi II, di pasar reguler terjadi perubahan waktu penutupan yaitu pukul 15.49,59 dari sebelumnya 16.00 WIB. 
Selain itu, ada sesi pra-penutupan pada 15.50 WIB -16.00 WIB. Sebelumnya sesi pra-penutupan tidak ada. Selain menambah sesi tersebut, ada juga sesi pasca penutupan di pasar reguler akan diadakan 16.05 - 16.15 WIB.
Sekretaris Perusahaan BEI, Irmawati Amran, mengatakan, perubahan waktu perdagangan tersebut dilakukan guna menyelaraskan waktu perdagangan di BEI dengan bursa lain di kawasan regional.
"Selain itu, untuk memberikan tambahan waktu perdagangan bagi investor di Indonesia bagian tengah dan timur," ujar Irmawati dalam keterangan tertulisnya.
Head of Research KSK Financial Group, David Cornelis berpendapat, dengan perubahan waktu yang membuat perdagangan di BEI berbarengan denganmarket Asia lainnya seperti bursa Hong Kong dan Singapura itu akan memicu pasar saham kita lebih bagus dan efisien tanpa mengekor ke indeks lain, kecuali bursa Jepang yang memang masih lebih cepat.
"Paling tidak, pelaku pasar kita tidak lagi mengekor bursa regional Asia saat dibuka, terutama Hang Seng Index dan Nikkei, selain ke Wall Street pada umumnya," ujarnya kepada VIVAnews di Jakarta, Selasa 1 Januari 2012.
Selain itu, dia menambahkan, perubahan waktu pembukaan transaksi saham di BEI tersebut mendorong bertambahnya nilai transaksi dan mengakomodasi investor di luar waktu Indonesia bagian barat.
"Jadi, nanti bisa mengakomodasi transaksi investor di Indonesia bagian tengah dan timur lebih cepat. Mereka tidak lagi menunggu waktu mereka di sana yang menunggu jam 10.30 dan 11.30 baru trading," kata David.

Anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Nurhaida sependapat. Menurutnya, dengan transaksi lebih awal akan membuat pertumbuhan pasar modal Indonesia jauh lebih baik. Sebab, hal itu diharapkan mampu memberikan kontribusi pertumbuhan ekonomi yang lebih baik.
"Kita harapkan pertumbuhan ekonomi akan lebih baik, sehingga meningkatkan jumlah emiten," ujarnya saat dihubungi, Selasa.
Nurhaida mengaku bahwa jam perdagangan akan dibuka dan ditutup lebih cepat dari biasanya. "Tapi, jam perdagangan akan lebih panjang, sehingga diharapkan transaksi tidak ketinggalan jauh dengan bursa Asia lainnya," ujarnya.
Namun, direksi BEI menilai, perubahan waktu perdagangan yang awalnya pukul 09.10 - 09.25 menjadi 08.45 - 08.55 waktu Jakarta Automated Trading System (JATS) tidak akan berpengaruh banyak terhadap pasar.

Menurut Direktur Teknologi BEI, Adikin Basirun, perdagangan saham dimajukan dari jadwal semula bertujuan sebagai penyelarasan waktu atau untuk menyinkronisaisi perdagangan di BEI dengan bursa kawasan regional Asia.
"Namun diharapkan, dari sinkronisasi ini alokasi aspek ekonomi terhadap Indonesia lebih banyak dan beragam," kata Adikin saat dihubungi VIVAnews, Selasa.
Adikin menambahkan, diharapkan juga sisi parameter dari perubahan waktu ini dapat membantu para investor karena dapat memperpanjang waktu perdagangan.
Adanya perubahan waktu, kata dia, diperlukan sosialiasasi untuk memberikan waktu lebih panjang, terutama kepada investor yang berada di Indonesia bagian tengah dan timur.
"Selain itu, perubahan waktu ini dapat diketahui pada saat pra-penutupan (pre-closing). Dengan begitu, hal ini dapat mencegah pembentukan harga pada penutupan pasar," tuturnya. 
Kinerja Bursa
Sementara itu, Ketua Bapepam-LK, Ngalim Sawega, mengatakan bahwa bursa Indonesia berada di peringkat delapan dunia, dengan pertumbuhan sekitar 12 persen tahun lalu.
Nilai kapitalisasi pasar saham juga naik sebesar 15,45 persen dari Rp3.537 triliun pada akhir Desember 2011 menjadi Rp7.084 triliun pada Desember 2012.
Rata-rata nilai transaksi harian saham Januari 2012-Desember 2012 sebesar Rp4,53 triliun. Namun, angka ini turun 8,48 persen dibanding 2011 sebesar Rp4,95 triliun.
Frekuensi perdagangan saham hingga akhir 26 Desember 2012 sebanyak 121.809 kali per hari, atau naik 7,36 persen dibandingkan tahun lalu sebanyak 113.454 kali. 
Sementara itu, rata-rata volume harian saham periode Januari-Desember 2012 sebanyak 4,25 miliar saham, atau menurun 12,75 persen dibanding tahun lalu 4,87 miliar saham.

Saat Inggris Mulai Merasa Tersaingi Indonesia. Inggris berada di peringkat 9 dunia dan Indonesia nomer 16

Presiden SBY, bersama petinggi Arsenal dan PM Inggris, David Cameron
Perdana Menteri Inggris, David Cameron, menyatakan negerinya berada dalam perlombaan global untuk sukses di bidang ekonomi. Itulah pesan Tahun Baru 2013 pemimpin pemerintahan Inggris itu.

Defisit anggaran, kata Cameron dalam video pesan Tahun Baru, diperkirakan mengecil seperempatnya dibanding 2010. Kemudian sudah lebih setengah juta orang bekerja sejak saat itu.

"Inggris sedang berada di lomba global untuk berhasil sekarang. Ini adalah perlombaan dengan negara-negara seperti China, India dan Indonesia: sebuah lomba untuk pekerjaan dan kesempatan di masa depan," kata politikus Partai Konservatif Inggris itu.

"Jadi ketika orang bicara kita bisa bisa memperlambat pemotongan utang, kita katakan 'tidak.' Kita tak bisa menang di dunia ini dengan sebuah batu pijakan utang mengelilingi leher kita."

Meski merasa berlomba dengan Indonesia, Inggris saat ini merupakan kekuatan ekonomi nomor 9 terbesar di dunia (US$2,392 triliun), bandingkan dengan Indonesia yang berada di urutan 16 (US$1,125 triliun). Di Eropa, kekuatan ekonomi Inggris hanya kalah dari Jerman dan Prancis.

Inggris memiliki pertanian yang intensif, penuh mekanisasi, memproduksi 60 persen kebutuhan makanan dengan tenaga kerja kurang dari dua persen total tenaga kerja. Inggris juga memiliki kekayaan tambang batubara, gas dan minyak --meski yang dua belakangan ini telah menurun produksinya.

Namun kekuatan ekonomi Inggris adalah pada sektor jasa, pemegang proporsi terbesar dari Gross Domestic Product. Perbankan, asuransi dan bisnis jasa lainnya merupakan andalan Inggris meski saat ini menghadapi perlambatan akibat krisis ekonomi.

Kekuatan Indonesia

Kekuatan Indonesia, jika menurut Bank Indonesia, adalah kuatnya konsumsi pribadi dan derasnya investasi. Dalam laporan Perkembangan Triwulan Perekonomian Indonesia edisi Oktober 2012 yang diterbitkan Bank Dunia menunjukkan laju ekonomi Indonesia tetap bertahan kuat di kuartal kedua, meningkat sebesar 6,4 persen dan sedikit di atas pertumbuhan kuartal pertama sebesar 6,3 persen.

Ekonom Utama dan Penasehat Ekonomi Bank Dunia untuk Indonesia, Ndiame Diop, menjelaskan dalam "Indonesia Economic Quarterly" di Jakarta, Senin 15 Oktober 2012 lalu, perekonomian global dan Indonesia saat ini sangat kontras, di saat perekonomian global sangat rapuh, Indonesia mempunyai pertumbuhan ekonomi yang tinggi dan dibarengi dengan besarnya kepercayaan investor.

Investasi di Indonesia telah berkembang secara dinamis dan membantu pertumbuhan ekonomi Indonesia secara jangka panjang. Bank Dunia mengapresiasi Pemerintah Indonesia terus berupaya meningkatkan kesiagaan menghadapi krisis dan mendorong investasi di infrastruktur.

Diop menjelaskan berbagai negara kuat seperti China dan India sedang mengalami pelemahan ekonomi yang tajam. Ia menyarankan agar pemerintah Indonesia memperhatikan secara serius dampak pelemahan ekonomi China yang akan terasa ke Jepang dan Korea Selatan.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas Armida S Alisjahbana mengungkapkan, pertumbuhan ekonomi Indonesia menempati urutan nomor dua tertinggi di dunia. China untuk saat ini tetap menempati posisi pertama dengan pertumbuhan ekonomi sebesar 7,2 persen sampai dengan semester pertama namun diperkirakan menurun di semester berikutnya.

"India sudah di bawah 6 persen, Filipina juga, Turki yang biasanya start performance soal pertumbuhan, sekarang di bawah 2 persen, sama seperti Brazil," kata Armida.

Tingginya pertumbuhan Indonesia membuat lahirnya banyak miliarder baru. Hal tersebut terungkap dari laporan perusahaan pengelola keuangan, Julius Baer seperti dikutip VIVAnews dari laman CNBC, Kamis, 27 September 2012.

"Ekonomi Indonesia banyak ditopang oleh sektor infrastruktur dan sumber daya alam. Dua kekuatan ini makin menambah kantong-kantong beberapa individu di sana," ujar CEO Julius Baer Asia, Thomas R Meier.

Laporan Julius Baer memperkirakan, jumlah orang kaya di kawasan Asia Tenggara dengan aset investasi minimal US$1 juta akan meningkat 3 kali lipat selama 2010-2015. Diperkirakan jumlah orang kaya mencapai 100 ribu orang.

Bagaimana 2013?

Bank Pembangunan Asia (ADB) memperkirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun 2012 hanya mencapai 6,3 persen namun naik kembali menjadi 6,6 persen di tahun 2013. Dibandingkan proyeksi yang telah dikeluarkan sebelumnya, pertumbuhan produk domestik bruto (PDB) Indonesia itu terkoreksi masing-masing 0,1 persen. ADB sebelumnya memproyeksi ekonomi Indonesia tumbuh 6,4 persen pada tahun 2012 dan 6,7 persen pada 2013.  

Pertumbuhan ini didukung oleh kinerja investasi yang tetap tinggi dan perbaikan ekspor. Faktor pendorong lain adalah re-balancing dalam sumber pertumbuhan ekonomi.

Pada kuartal terakhir tahun ini, Indonesia akan mengalami perbaikan kontribusi pertumbuhan, khususnya dari peningkatan ekspor dan penurunan impor. Nilai tukar dolar AS yang tinggi akan menekan impor. Di sisi lain, kinerja ekspor Indonesia akan meningkat setelah pada September 2012 mengalami pelemahan.

ADB memprediksi tren pertumbuhan investasi yang cukup tinggi di Indonesia akan terus berlanjut pada 2013. Survey UNCTAC menunjukkan ada perbaikan persepsi investor asing terhadap Indonesia.

Dalam survei itu, peringkat Indonesia sebagai tujuan investasi langsung pemodal asing atau foreign direct investment membaik dari posisi 6 di 2011 menjadi di peringkat 4 setelah China, Amerika Serikat dan India.

Bukti membaiknya persepsi investor ini datang dari Inggris sendiri. Business Confidence Index (BCI) yang dikeluarkan British Chamber of Commerce, menunjukkan tingkat optimisme pebisnis Inggris terhadap prospek bisnis di Indonesia mencapai 83 persen. Kamar Dagang Inggris di Indonesia mensurvei 36 perusahaan asal Inggris di berbagai sektor mulai dari manajemen senior dan para CEO. 

"Anggota kami memiliki ekspektasi akan peningkatan pendapatan dan penjualan, peningkatan investasi dan belanja perusahaan serta rencana untuk mempekerjakan lebih banyak tenaga kerja," kata Chairman of Britcham, Haslam Preeston, di Jakarta, Selasa 27 November 2012.

Namun di sisi yang bersamaan, pebisnis asal Inggris melihat tingkat kemudahan dalam berbisnis masih rendah, hanya 65 persen. Perbedaan ini menunjukkan adanya kontradiksi dalam lingkungan bisnis Indonesia.

Rendahnya kemudahan berbisnis di Indonesia disebabkan masih adanya berbagai tantangan seperti ketidakpastian regulasi, birokrasi yang kurang efisien, lambatnya pengembangan infrastruktur dan masalah ketenagakerjaan. British Chamber mengajukan tiga usulan kepada pemerintah untuk menciptakan iklim bisnis lebih kondusif dan menciptakan optimisme.

Ketiga usulan tersebut antara lain menyederhanakan layanan pemerintah, melaksanakan proyek infrastruktur strategis termasuk sistem komunikasi yang andal, dan meningkatkan konsultasi dan diskusi antara sektor usaha Indonesia dan internasional.

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Chatib Basri mengapresiasi positif hasil survei British Chambers. Walaupun terjadi ketimpangan antara kepercayaan bisnis dan kemudahan dalam berbisnis, itu tidak akan menghalangi mereka untuk berinvestasi di Indonesia.

"Mereka melihat Indonesia memang ada masalah namun tidak mencegah mereka untuk datang. Investor melihat Indonesia masih sebagai negara tujuan investasi dan ini berita bagus," katanya.

Indonesia Akan Jadi Ajang Adu Kuat Mobil Murah?. Pemerintah akan mengumumkan insentif yang diberikan untuk ATPM

Toyota Agya dan Daihatsu Ayla
Nissan menutup tahun ini dengan sebuah pengumuman menarik. Pabrikan asal Jepang itu buka suara perihal harga mobil murah racikannya yang menggunakan merek legendaris Datsun.

Mobil yang diplot untuk negara berkembang seperti India, Rusia dan Indonesia bakal dibanderol US$3.000 atau sekitar Rp29 juta off the road. Harga ini terbilang cukup murah dibandingkan pabrikan lainnya yang juga tengah menyiapkan mobil murah.

President Nissan for Europe, Colin Dodge dalam wawancaranya dengan Automotive News, mengatakan dengan harga sekitar Rp29 juta Datsun akan mampu melawan rival-rivalnya, terutama mobil murah yang diproduksi oleh China dan India. Sementara di Indonesia, Datsun kemungkinan akan melawan Astra Daihatsu Ayla dan Astra Toyota Agya.

Selain memiliki tujuan bisnis, Datsun diharapkan bisa menyediakan kesempatan yang lebih besar pada orang-orang menengah bawah di negara-negara berkembang untuk memiliki mobil.

Mobil murah Datsun yang akan dijual di Rusia akan diproduksi di pabrik yang berada di Moskow. Pabrik itu juga memproduksi beberapa mobil Nissan seperti Almera dan Lada. Mobil murah Datsun bakal menggunakan platform dari Lada. Namun, bentuknya termasuk interior akan sedikit berbeda. Klik tautan ini untuk melihat desain lengkapnya.

Ketika mobil murah diluncurkan maka targetnya akan naik 2 kali lipat dari 170.000 unit per tahun menjadi 400.000 unit per tahun mulai 2016 mendatang. Total akan ada lima model Datsun yang akan diluncurkan Nissan, yakni tiga jenis hatchback, sedan, dan MPV (Multi Purpose Vehicle). Untuk pasar India dan Indonesia, rencananya mobil murah Datsun akan diproduksi lokal di masing-masing negara tersebut.

Awal tahun ini Renault dan Nissan akan memperluas kapasitas menjadi 400.000 unit per tahun di pabrik patungannya di Chennai, India Selatan. Di Indonesia, Nissan juga akan meningkatkan produksi di pabriknya yang berada di Cikampek menjadi 250.000 unit per tahun mulai tahun 2014 mendatang. Untuk itu, mereka telah mempersiapkan dana investasi sebesar US$400 juta atau sekitar Rp3,6 triliun.

Apa yang dilakukan Nissan ditiru oleh Suzuki. Suzuki Motor Corp tidak akan menggunakan merek Suzuki untuk mobil murah. Produsen berlambang 'S' itu memilih merek Maruti.

Maruti hanya digunakan Suzuki di India, tapi kini mereka sedang memikirkan untuk membawa merek itu ke tingkatan global untuk mobil murah. Di India sendiri, Maruti dan Suzuki membentuk perusahaan yang 56,2 persen sahamnya dimiliki oleh Suzuki. India merupakan salah satu tulang punggung Suzuki karena menyumbang 40 persen dari pendapatan total mereka.
Untuk Suzuki sendiri, ada beberapa kandidat yang siap dijadikan mobil murah, yakni Alto 800, A Star dan Wagon R. Versi terbaru dari Alto 800 untuk pasar India dibanderol 260.512 Rupee atau sekitar Rp47 juta (versi terendah), dan untuk model tertingginya 377.174 rupee (Rp68,4 juta). Konsumsi BBM diklaim mencapai 22,7 km/liter.

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) selaku Agen Pemegang Merek (APM) Suzuki di Indonesia pernah mengungkapkan, ada beberapa calon mobil murah yang akan di ambil dari India. Meski begitu mereka belum mau berbicara lebih detail.

Berbeda dengan keduanya, raksasa otomotif Indonesia, Grup Astra melalui Toyota-Daihatsu telah lebih dulu memamerkan mobil murah ramah lingkungan atau Low Cost Green Car (LCGC), yakni Agya-Ayla di Indonesia Internasional Motor Show, September lalu.

Grup Astra memang tak ingin kalah start soal mobil murah. Meskipun, regulasi pemerintah soal LCGC belum terbit. 'Adik' Avanza-Xenia bakal dibanderol mulai dari Rp75-100 jutaan. Soal konsumsi bahan bakarnya, citycar ini diproyeksikan mencapai 22–30 km/liter. Toyota Agya yang berarti cepat dan Daihatsu Aylayang artinya cahaya, dirancang oleh desainer asal Indonesia, yakni Mark Widjaja.

Tergantung Regulasi

Terlepas dari apa yang akan dilakukan oleh para produsen, terwujudnya mobil murah juga sangat tergantung regulasi yang mendukung hal tersebut dari pemerintah
Keinginan Agen Pemegang Merek (APM) untuk bisa segera mengetahui regulasi mobil murah ramah lingkungan di tahun lalu batal. Sebab, pemerintah baru bisa memboyong regulasi tersebut ke Presiden pada awal tahun ini.

"Sebenarnya sudah dibawa ke Menteri Sekretaris Negara, sedang konsultasi. Katanya mau dibawa ke Presiden pada Minggu pertama Januari 2013," kata Menteri Perindustrian MS Hidayat.

Hidayat berharap dengan dikeluarkannya aturan tentang LCGC, maka pasar mobil nasional bisa semakin tumbuh. Selain itu, aturan ini nanti tidak akan bertabrakan dengan mobil nasional karena berbeda segmen.

Direktur Jenderal Industri Unggulan Berbasis Teknologi Tinggi Kementerian Perindustrian, Budi Darmadi, saat berbincang dengan VIVAnews.com, mengatakan regulasi itu berisi ketentuan legalistik formal terkait dengan insentif perpajakan, terutama soal penetapan cukai otomotif sebagai pengganti diskon pajak penjualan barang mewah (PPnBM).

Menurutnya, pemerintah nantinya akan mengumumkan insentif yang diberikan untuk agen tunggal pemegang merek (APM) apabila seluruh regulasi ini telah tuntas dan diterbitkan menjadi peraturan resmi.

"Mobil ini nantinya harus menggunakan 80 persen komponen lokal. Tidak hanya murah, produk LCGC juga diharuskan hemat BMM. Untuk mobil 1.200 cc konsumsi bahan bakarnya harus 20 km/liter 1.200 cc, sedangkan untuk 1.000 cc konsumsinya 22 km/liter," kata dia.

Ketua I Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Yongkie D Sugiarto, memperkirakan proyek mobil murah dan ramah lingkungan itu memiliki potensi penjualan 150.000 unit per tahun, jika harganya sekitar Rp80 juta.

Dengan begitu, kata dia, akan ada tambahan omzet di industri otomotif sebesar Rp12 triliun per tahun. Yongkie menambahkan beberapa prinsipal seperti Toyota, Daihatsu, Nissan dan Suzuki sangat tertarik memasarkan mobil LCGC. Namun, mereka masih merahasiakan model-model yang akan dikeluarkan selama jaminan bisnis dan aspek regulasinya masih belum jelas.

"Hanya Daihatsu dan Toyota yang sudah memamerkan produk LCGC. Prinsipal lain sebenarnya sudah memiliki model LCGC, tapi belum mau memamerkan sampai regulasi keluar," katanya.

Regulasi LCGC menjadi golden tiket para produsen mobil untuk mengeruk keuntungan di pasar mobil Tanah Air. Dan, tentunya masyarakat tinggal menikmati harga mobil yang makin murah menyusul  'perang' yang akan terjadi di antara raksasa mobil dunia di Indonesia.

"2013 Tak Gaduh Jika KPK Banyak Kerja, Bukan Bicara" "Demikian juga penegak hukum lainnya, mana pelaksanaan fungsinya?"


Sejumlah politisi beranggapan bahwa tahun 2013 kondisi perpolitikan di Indonesia akan semakin memanas bahkan penuh ketegangan dan intrik untuk persiapan Pemilu 2014 mendatang.
Namun, Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat, Hadjrianto Tohari, berpendapat, tidak akan terjadi kegaduhan dan hiruk pikuk asalkan semua institusi negara dan partai politik menjalankan fungsinya dengan baik.

Hajdrianto menilai, yang kerap membuat gaduh dan hiruk pikuk politik nasional selama ini hanyalah karena institusi-institusi negara dan partai politik terlalu banyak bicara, namun tidak melakukan apa yang dibicarakan.
"Misalnya KPK. Kegaduhan ini kan karena KPK bukannya menangkapi para koruptor yang katanya aktornya para elit politik. Lho, fungsi KPK kan menangkap koruptor, kok ini hanya mengatakan? Kalau sudah tahu bahwa aktor utama koruptor adalah elit parpol ya segera diusut dan ditahan dong, jangan cuma dirasani dan dibahas dangan wartawan," kata Hadjrianto kepada VIVAnews.com, Rabu 2 Januari 2012.

Tak hanya KPK, kata politikus Golkar itu, Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan juga jangan hanya mengumbar temuannya saja, tapi, segera melaporkan transaksi mencurigakan ke KPK. "Demikian juga dengan kejaksaan dan penegak hukum lainnya, mana pelaksanaan fungsinya," kata dia.

Sementara, pada partai politik, kata Hadjrianto, seharusnya partai politik menjalankan fungsi komunikasi politik dengan baik, fungsi kaderisasi dan fungsi lainnya sehingga perpolitikan Indonesia akan menjadi lebih sehat. "Kemudian, jika pemerintah menjalankan fungsi eksekutorial-nya pastilah akan terwujud pemerintah yang efektif," lanjutnya.

BMW tipe X5 milik anak Menko Perekonomian Hatta Rajasa, M Rasjid Amarullah Rajasa menabrak Luxio F 1622 CY Di Jagorawi dan menewaskan dua korban jiwa.

Polda: Penyidikan Kasus Rasyid Rajasa Tak Terburu-buru
Kepolisian Daerah Metro Jaya, tetap akan menyelesaikan penegakan hukum dengan melakukan penyidikan terkait peristiwa tabrakan antara BMW B 272 HR yang dikendarai M Rasyid Amrullah Rajasa dan Luxio F 1622 CY yang menewaskan dua korban jiwa.

"Polisi dalam menyelesaikan penanganan penegakan hukum dengan menyelesaikan kasus, proses pencegahan, perbaikan proses dan peningkatan pelaksanaan," katanya Direktur Lalulintas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Chryshnanda Dwilaksana, Rabu, 2 Januari 2013.

Chryshnanda menambahkan, penyidikan tidak akan dilakukan terburu-terburu. Hasil kegiatan olah TKP akan terus diolah sebagai bahan penyidikan.
"Kami tidak ingin menyimpulkan suatu hal yang terburu-buru. Agar tidak sesuai dengan hal yang tidak sesuai. Siapa orang yang terkait ini tidak dirugikan," katanya.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa, sudah memastikan untuk menyerahkan sepenuhnya kasus yang melibatkan anaknya, M Rasyid Amrullah Rajasa pada proses hukum.

Mobil BMW B 272 HR yang dikendarai Rasyid menabrak mobil Daihatsu Luxio F 1622 CY, Selasa 1 Januari 2013 pagi. Dua penumpang mobil Luxio tewas dan tiga lainnya luka-luka.

"Kami serahkan seluruh proses ini pada kepolisian. Dan saya mohon doa restunya agar putra kami dirawat segera pulih agar dia dapat menghadapi proses hukum yang berjalan di tanah air kita," kata Hatta Rajasa dalam keterangan pers di kediamannya di perumahan Fatmawati Golf Mansion, Jakarta Selatan.

Hatta mengaku kaget begitu mendengar peristiwa kecelakaan yang melibatkan anaknya. "Saya sungguh memohon maaf pada keluarga korban dan masyarakat. Musibah ini akan kami terima dan sekali lagi saya mohon maaf," ucap Hatta terbata-bata.

Semua Penumpang Terpental ke Luar

Salah satu korban kecelakaan BMW maut di Tol Jagorawi, Supriyati, menceritakan bagaimana insiden itu terjadi. Daihatsu Luxio yang ia tumpangi ditabrak oleh BMW tipe X5 milik anak Menko Perekonomian Hatta Rajasa, M Rasjid Amarullah Rajasa.

Menurutnya saat itu mobil yang ia tumpangi melaju dengan kecepatan sedang. "Tiba-tiba ada yang menabrak dari arah belakang," ujar Supriyati yang masih tergolek lemah di Rumah Sakit UKI, Jakarta Timur, Rabu 2 Januari 2012. "Seluruh penumpang langsung terpental dan ke luar dari mobil." Suasana langsung kacau balau.

Minibus Daihatsu Luxio dengan nomor polisi nomor F 1622 CY tersebut adalah angkutan umum pelat hitam yang mengambil rute Jakarta-Bogor. Dalam mobil terdapat 10 orang penumpang.

Supriyati mengalami luka sobekan yang cukup panjang di bagian tangan dan kakinya. "Saya termasuk yang mengalami luka yang paling ringan, setelah itu saya dibawa langsung ke rumah sakit UKI," ujarnya

Keluarga Temukan Keganjilan

Keluarga Harun (57 tahun), korban tewas dalam kecelakaan maut di KM 3+500 Tol Jagorawi Selasa 1 Januari 2013, pagi tadi, merasa ada keganjilan.

Ifan (37), salah seorang menantu Harun yang mengurus jenazah korban di Rumah Sakit Bhayangkara Tingkat I Raden Said Sukanto, Kramat Jati, Jakarta Timur, menuturkan, mulanya pihak keluarga tak mengetahui soal kecelakaan itu.

Informasi mengenai tewasnya Harun disampaikan oleh seorang petugas berseragam yang mengaku dari Polda Metro Jaya. Petugas itu, menurut Ifan, langsung mendatangi rumah Harun di Jalan Semangka I No. 99, Cibodas Sari, Tangerang. Kedatangan seorang tak dikenal pada pagi hari itu sempat dicurigai oleh keluarga.

"Untuk meyakinkan saya, dia menelepon seseorang, mungkin pimpinannya. Katanya dari Polda Metro Jaya, dia minta keluarga untuk datang langsung ke RS Polri," kata Ifan.

Sesampainya di rumah sakit sekitar pukul 16.00 WIB, pihak keluarga didatangi oleh beberapa anggota kepolisian berbaju bebas. Mereka meminta keluarga untuk segera membawa korban secepatnya.

"Kami disuruh bawa korban cepat-cepat supaya urusannya cepat selesai. Semua biaya ditanggung pihak penabrak yang katanya sudah mau damai. Di rumah saya juga sudah banyak (polisi)," ungkap Ifan.

Tak hanya itu, keganjilan berikutnya yang ditemui pihak keluarga ketika mendengar desas-desus yang menyebut pengemudi BMW X5 yang menabrak Daihatsu Luxio yang ditumpangi oleh Harun merupakan anak seorang pejabat.
Namun pihak kepolisian seolah bungkam saat ditanya kebenaran itu. Polisi juga tidak menceritakan kronologi kecelakaan yang terjadi sekitar pukul 05.45 WIB itu kepada keluarga.
"Sampai sekarang saya menunggu penjelasan soal kronologinya. Ada yang aneh saja. Mereka nggak bilang secara jelas kronologinya," katanya.

Selain keluarga Harun, hal ganjil lain dialami oleh keluarga Raihan (14 bulan). Anak bungsu pasangan Eman (37) dan Enung (30) ini menjadi korban tewas lainnya dalam peristiwa itu.

Mulanya, Eman, sang ayah yang sudah berada di RS Polri ingin berbagi kisah sedihnya kepada wartawan. Namun, menjelang siang, ayah tiga anak itu ditarik oleh dua orang berbadan tegap dan mengajaknya berbincang secara tertutup di sebuah rumah makan dekat RS Polri.

Entah apa yang dibicarakan. Namun, Eman yang semula ingin bercerita, mendadak bungkam. Beberapa pertanyaan wartawan selanjutnya, tak digubris Eman.

Belum jelas identitas kedua pria itu. Namun, salah satu dari mereka yang mengenakan baju bergaris abu-abu dan celana loreng tampak sibuk bolak-balik mengurus para korban di ruang piket forensik. "Mau mengambil jenazah M Raihan," kata pria itu kepada petugas kamar jenazah.

Karena tak dapat menunjukkan pernyataan tolak autopsi dan surat pengambilan jenazah dari pihak keluarga, permintaan pria itu ditolak petugas.

"Kami tak bisa keluarkan karena kami harus sesuai prosedur yang ada. Harus ada surat yang mewakili keluarga untuk menolak autopsi," kata petugas forensik.

Jenazah Raihan akhirnya dibawa oleh pihak keluarga sekitar pukul 19.00 WIB menggunakan mobil ambulans berpelat nomor B 2895 BI. Sementara jenazah Harun dibawa pulang sekitar pukul 20.00 WIB.

Hatta Rajasa Kunjungi Keluarga Korban BMW Maut

Usai menggelar keterangan pers soal kecelakaan yang melibatkan anaknya, M Rasyid Amrullah, Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa langsung mengunjungi keluarga korban. 

Sekitar pukul 22.15 WIB, Ketua Umum Partai Amanat Nasional itu keluar dari kediamannya di perumahan Fatmawati Golf Mansion, Jakarta Selatan. 

Ia didampingi kerabatnya menaiki mobil Alphard B 1184 RFS. Tampak Menteri Kehutanan yang juga mantan Sekjen DPP PAN, Zulkifli Hasan ikut bersama mobil lain.

"Saya mau takziah dulu ke keluarga korban," jawab Hatta saat ditanya tujuannya. Namun, ia tidak mengungkapkan secara detail lokasi keluarga korban yang akan ia kunjungi. 

Korban pertama, Raihan (14 bulan), di bawa ke rumah duka di Sukabumi sore tadi. Sedangkan korban kedua, Harun (57 tahun), dibawa ke rumah duka di Jembatan Besi.

Hatta mengaku sangat ingin mengunjungi kedua keluarga korban. Ia berharap, dirinya bisa menyempatkan waktu. 

"Besok subuh jenazahnya akan dibawa ke Tangerang, jadi mungkin saya akan ke sana. Saya harapkan waktunya bisa pas, karena saya sangat ingin," kata Hatta.

Hatta Pimpin Salat Jenazah Korban BMW Maut

Kesedihan dan rasa bersalah yang mendalam membuat Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa tak mampu menahan diri untuk mengunjungi keluarga korban BMW maut yang melibatkan putra bungsunya.
Hampir tengah malam, Hatta sampai di rumah duka Harun, salah satu korban BMW maut, di kawasan Jembatan Besi. Didampingi rekan-rekan dekatnya, Hatta langsung mendatangi rumah yang terletak di Jalan Jembatan Besi Raya Gang RR, RT 06/ RW 06 itu.

Sambil mengucap bela sungkawa ia menyalami keluarga korban, dan berbincang sejenak dengan mereka. Lantas, Hatta beranjak ke musholla untuk melihat jenazah Harun. Ketua DPP PAN itu bahkan memimpin salat untuk almarhum. Tak sampai 30 menit, Hatta pun kembali pulang.
Bagi Ukar Supriyatna (41) kakak ipar Harun, kedatangan Hatta menyambangi keluarganya malam itu merupakan itikad baik yang perlu dihargai. Apalagi, Hatta meyakinkan pihaknya akan bertanggung jawab penuh atas musibah kali ini.

"Insya Allah saya akan beri santunan. Anaknya yang masih sekolah terutama akan diberikan santunan biaya, kita beri kesempatan sampai selesai sekolahnya," kata Hatta saat ditanya salah satu bentuk tanggung jawabnya.
Anak bungsu Harun yang dimaksud itu bernama Ferdy, saat ini duduk di kelas 1 di sebuah SMA di Tangerang. "Saya sendiri tidak tahu persis penyampaiannya akan seperti apa, yang jelas beliau akan bertanggung jawab," kata Ukar yakin
Kunjungan Hatta Rajasa ke rumah duka salah satu korban BMW maut, Harun, tampaknya sangat berarti bagi keluarga yang ditinggalkan. Setelah kunjungan singkat Hatta ke rumah duka di kawasan Jembatan Besi, Selasa, 1 Januari 2013 tegah malam itu, keluarga bersikap berbeda.
Kalau sebelumnya mereka bersikeras agar sopir BMW maut yang notabene putra Hatta itu mendapat balasan setimpal, sekarang menjadi lebih ikhlas.

"Kami dari pihak yang mendapat musibah kecelakaan ini, berterima kasih atas kedatangan beliau. Untuk selanjutnya, kami serahkan pada beliau," ujar Ukar Supriyatna (41), kakak ipar dari Harun.
Ia menganggap peristiwa tabrakan antara BMW B 272 HR yang dikendarai M Rasyid Amrullah Rajasa ke Luxio F 1622 CY dan menewaskan dua korban jiwa itu, sebagai musibah yang sama-sama tak diinginkan kedua belah pihak. Karena itu, Ukar memilih mengikhlaskan kepergian sang kakak dan memaafkan pelakunya.

Ia bahkan tak berniat menuntut pengendara BMW maut itu, dan menyerahkan segalanya pada proses hukum yang berjalan. Ukar pun tak masalah jika sikapnya dianggap meringankan pelaku penabrakan.
"Intinya kami dari keluarga secara garis besar tidak menuntut, kami kembali pada hukum," tegasnya. Ia bahkan bersikukuh tak menuntut meski hasil akhir vonis hakim membebaskan M Rasyid.

"Bebasnya kan tergantung hukum. Tapi kemungkinan tuntutan itu tidak akan ada," katanya lagi, mantap.


Pidato Pemimpin Korut Soal Reunifikasi Ditanggapi Sinis. Ujung-ujungnya paling meminta bantuan, ungkap seorang pakar di Korsel

Kim Jong-un berpidato di awal tahun
Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un, dalam pidato awal tahun menyerukan reunifikasi negaranya dengan Korea Selatan. Namun, kalangan pengamat memandang sinis komentarnya itu dan meragukan ketulusan niat Korut untuk berdamai.

Salah satunya yang skeptis adalah Kim Tae-woo, pakar di Institut Nasional Korea untuk Unifikasi, sebuah lembaga bentukan pemerintah Korea Selatan. Menurutnya, ada udang di balik batu dalam pidato Jong-un tersebut.

Dengan pidatonya, ujar Tae-woo, Jong-un, Jong-un mencoba membujuk negara-negara asing untuk kembali memberikan mereka bantuan. "Pernyataan Kim mengandung pesan bahwa dia ingin berdamai dengan Korsel, yang ujungnya adalah meminta bantuan," kata Tae-woo, seperti dilansir Reuters, 2 Januari 2013.

Sebelumnya sejak November 2010, Korsel menghentikan pemberian bantuan terhadap Korut usai baku tembak kedua negara di pulau Yeonpyeong. Diperkirakan, Korut masih belum mampu memenuhi kebutuhan pangan rakyatnya.

Menurut Bruce Klingner, peneliti senior di Heritage Foundation Washington, AS, mengatakan bahwa Kim Jong-un berusaha untuk mengikuti jejak kakeknya, Kim Il-sung, yang terbuka pada publik, bukan ayahnya Kim Jong-il yang tertutup.

"Pesan tahun baru Kim Jong-un berbeda secara format namun tidak secara konten," ujar Klingner.

Klingner melanjutkan, jika memang Jong-un mencoba mendapatkan kembali bantuan pangan, dia tidak akan memperolehnya. Pasalnya, masyarakat internasional terutama Korsel dan AS kadung geram dengan Korut yang meluncurkan roket.

"Pengaruh pemimpin Korut di dunia luar dijatuhkan oleh provokasi dan retorika Korut," kata Klingner.

Pidato tahun baru Kim Jong-un ini sangat jarang dilakukan oleh para pemimpin Korut. Sebelumnya, pidato seperti ini disampaikan 19 tahun lalu oleh Kim Jong-il selepas kematian ayahnya Kim il-sung.

Selain berbicara soal perdamaian, Jong-un juga menyampaikan rencananya memperbaiki perekonomian dengan meningkatkan sektor pertanian dan industri kecil. "Ekonomi tahun harus meningkat drastis dalam produksi dan menstabilkan serta meningkatkan standar hidup rakyat," ujarnya.