SEJARAH ASAL USUL POCONG DARI BERBAGAI VERSI

Asal Usul Hantu Pocong – Sejarah Hantu Pocong. Sering kali kita mendengar Asal Usul Sejarah Hantu Pocong, namun dari cerita satu dan cerita lainnya tentang Hantu Pocong tentu berbeda-beda.

Ada yang bercerita, hantu pocong berasal dari orang yang meninggal dunia, dimana saat di kubur, kain kafan mayat tersebut tidak di buka sehingga arwahnya penasaran dan bergentayangan menjadi pocong. Bahkan ada yang bilang, hantu pocong selalu minta tolong untuk di bukakan tali-nya, agar supaya arwahnya tidak gentayangan lagi.
Dalam versi lain sejarah asal usul pocong berasal dari jin. Dan versi lainnya juga menceritakan sejarah awal mula hantu pocong berawal dari seorang dukun santet. Lantas, versi manakah yang benar…???? Untuk lebih jelasnya, berikut gallerydunia.com share Sejarah Asal Usul Hantu Pocong dari berbagai versi, seperti dikutip dari laman semextracool.

Asal Usul Sejarah Pocong 1

Pocong yang lupa dibukakan tali pocongnya
Pada saat dikebumikan si mayit lupa dibukakan tali pocongnya sehingga dia menjelma menjadi sosok yang mengerikan seperti waktu dia mati. Tapi dia tidak gentayangan menakuti orang-orang di sekelilingnya! Kalaupun dia gentayangan dan coba menakut-nakuti orang di sekitarnya maka berarti dia masih memiliki tanggungan selama hidupnya.

Penampakannya muncul pada saat adzan magrib atau setelah kita selesai shalat maghrib. Dia muncul tepat di tengah-tengah pusar kuburannya dengan wujud seperti asap. Kemudian menjadi mahkluk kecil yang lompat dari tengah kuburannya ke arah kakinya, kemudian dia melompat lagi ke arah kepalanya, kali ini menjadi makhluk yang sedang seperti bayi besarnya. Kemudian dia melompat lagi ke arah sisi di sebelah baratnya dan sempurnalah sosok hantu pocong ini.

Setelah itu dia berjalan mengelilingi kuburannya satu kali, meski terlihat bahwa kakinya terikat tapi dia masih bisa berjalan dengan kaki terikat. Tidak seperti di televisi yang melompat-lompat, yah maklumlah kan pemerannya manusia jadi tidak bisa berjalan saat kakinya terikat. Aku sendiri jadi tertawa melihat film hantu pocong di televisi. Ok kita lanjut lagi ke penampakannya. Setelah sosoknya sempurna, maka hantu pocong ini terbang melayang-layang ke udara. Saat dia terbang melayang, tubuhnya memanjang seperti selendang putih.

Ciri2 hantu pocong yang satu ini yaitu wajahnya yang cenderung terlihat seperti tengkorak. Boal matanya terlihat seperti mau keluar, tidak ada alis ataupun daging kulitnya. Terkadang di antara kedua matanya terlihat seperti ada belatung yang keluar masuk. Kalau anda bertemu dengan hantu seperti ini di lingkungan anda sendiri maka sebutkan siapa yang menurut anda teman anda atau kerabat anda yang meninggal pada saat itu. Lalu katakanlah “aku sudah memaafkan mu, kembalilah dengan tenang ke alam mu” setelah itu bacalah Basmallah dan surat Al Fatihah sebanyak tiga kali. Maka dengan sendirinya dia akan menghilang dari hadapan anda. Jangan takut atau pun kabur lari terbirit-birit, Karena menurut saya hal itu percuma!! Si pocong itu akan terus mengejar anda sampai dia mendapatkan pertolongan atau maaf dari anda. Jika anda takut cukup pejamkan saja mata anda, dan awalilah dengan bacaan sholawat dan istighfar kemudian basmallah dan Al Fatihah.

Namun, bila anda bertemu hantu pocong dengan sosok seperti ini di tempat lain atau tempat yang tidak anda kenal. Yang anda lakukan adalah tarik nafas yang dari dalam hidung kemudian bacalah Basmallah disertai surat al fatihah dan Ayat Kursi sebagai penutup. Jangan sekali-kali bersikap jagoan atau pahlawan, seperti keesokan harinya anda ingin mengorek darimana penampakan pocong tersebut pada orang di sekitarnya terus anda ingin membuka tali pocongnya.

Malah nanti anda sendiri yang akan menimpa sial, anda akan diikutinya setiap malam atau bahkan keluarga anda yang kena juga. Karena pada dasarnya kita tidak tahu apakah tali pocong itu sengaja tidak dibuka atau tidak disengaja dibuka ketika si mayat itu dikebumikan.

Bagi warga pedesaan yang masih memiliki pandangan besar terhadap mistis, bila sanak keluarganya dibunuh dengan cara tidak wajar, seperti diperkosa lalu dibunuh, atau dibunuh dengan cara yang tidak wajar, dll. Akan tetapi polisi masih belum menemukan siapa yang melakukan, maka cara inilah yang umumnya mereka ambil untuk menakut-nakuti si pelaku agar dia mau mengakui kesalahannya. Dan jika anda ingin jadi pahlawan, itu tidak masalah asalkan anda memiliki ilmu kebatinan yang luar biasa tetapi bila anda orang awam dan masih belum mengerti syareat maka jangan coba-coba atau anda sendiri yang kena batunya.

Sejarah Asal Usul Pocong 2

Jin yang menyerupai sosok pocong
Jin dibedakan menjadi beberapa golongan, dan yang terparah adalah jin kafir. Jin seperti ini bisa menyerupai apa saja yang dia inginkan bahkan dia bisa berwujud seperti layaknya pocong. Di jawa mereka disebut Gondoruwo umumnya. Mereka sangat senang tinggal di daerah barongan (bambu-bambu yang lebat), pohon yang besar, atau di rumah yang sudah lama tak berpenghuni. Sama seperti manusia, mereka juga memiliki keturunan.

Biasanya jin yang menyerupai sosok pocong ini, cara dia muncul juga berbeda. Bisa di atas pohon, di balik dinding atau pohon dengan separuh badannya. Cirri-cirinya juga berbeda. Matanya cenderung menyala bewarna merah atau biru. Jika anda bertemu dengan sosok seperti ini maka cepatlah anda bersetubuh dengan bumi atau baringkan badan anda di atas tanah dengan posisi telungkup. Kemudian bacalah “AsyhaduAllah Illahaillahu wa AsyaduAllah muhammadarusullah”( aku bersaksi tiada tuhan selain Allah dan aku bersaksi bahwa nabi Muhammad itu utusan Allah) selanjutnya bacalah ayat qursi. Jangan berdiri ataupun lari, karena jin ini bisa merasuki raga kita atau bisa kita sebut dengan istilah kesurupan.

Asal Usul Hantu Pocong 3 

Mayat yang dimanfaatkan oleh dukun atau ahli santet
Bagi sebagian besar dukun sering kali menggunakan media mayat untuk menakut-nakuti orang atau bahkan bisa saja membunhnya sesuai permintaan yang diajukan.

Cirri-cirinya biasanya sosok pocong yang ia gunakan masih terlihat utuh atau di wajahnya masih terdapat kapas, di matanya, hidungnya, terkecuali mulutnya. Jika anda sering kali bertemu dengan sosok seperti ini di rumah anda itu tandanya ada orang yang syirik kepada anda.

Yang perlu anda lakukan adalah taburkan garam di sekitar rumah anda, kemudian selalu bacalah surat Yassin setiap habis shalat maghrib, shalat isya, dan tengah malam. Kalau bisa bacalah surat Yassin secara berjamaah atau orang banyak. Lakukanlah secara berturut-turut selama 7 hari lamanya. Sosok pocong yang seperti inilah yang patut anda waspadai, karena dia bisa meludahi anda dan yang terjadi setelah tubuh anda diludahi maka tubuh anda bisa melepuh atau hangus.

Pada dasarnya yang patut kita mintai pertolongan hanyalah Allah SWT. Mintalah pertolongan kepada-Nya dan niscaya hal buruk tidak akan menimpa anda. Karena sebelum Dia menciptakan manusia, Dia telah menciptakan jin dan saython yang ditugaskan untuk menguji iman di dalam diri kita.

Penampakan hantu pocong itu dibedakan menjadi tiga. 
Pertama: Mungkin benar karena si mayit lupa dibukakan tali pocongnya atau si arwah tersebut masih banyak tanggungan selama hidupnya di dunia sehingga mencoba meminta maaf dengan wujudnya seperti pocong.

Kedua: penampakan sosok hantu pocong bisa juga berasal dari jin yang menyerupai sosok pocong.

Ketiga, penampakan hantu pocong juga bisa muncul karena guna-guna atau dimanfaatkan tubuhnya untuk menakut-nakuti oleh seorang dukun atau ahli santet dengan meminta tumbal untuk memperkuat ilmunya. Bagaimana membedakannya? Bagi semua orang awam hal ini sangatlah sulit untuk dibedakan.

Dan dengan mengetahui Sejarah Asal Usul Hantu Pocong dari versi-versi tersebut diatas, maka kita dapat membedakannya serta dapat mengantisipasi hantu pocong.

Jika Anda mempunyai cerita sejarah asal usul hantu pocong versi lainnya, silakan di share disini ya? Terima kasih.


Sekian artikel unik saya tentang asal usul pocong....
Semoga bisa menambah wawasan sobat semua....


TAMBAHAN

Sedikit ulasan tentang "POCONG" si hantu khas Indonesia..
(Sedikit penjelasan dengan penampakan POCONG di Jambi yang heboh pada hari kemarin tepatnya 1 November 2012)

Setan yang satu ini adalah setan yang paling terkenal di Indonesia. Hantu ini juga punya pacar yang namanya Kuntilanak. Misteri pocong bisa jadi merupakan setan khas Indonesia yang tidak akan kita jumpai dimanapun selain di-Indonesia.

Jika kita pikirkan secara logis maka akan kita dapati bahwa banyak sekali negara-negara Islam diluaran sana seperti : Al-Jazair, Mesir, Pakistan, India, Bangladesh, Iraq, Maroko, Arab, Turki, Nigeria, dll, yang memiliki tradisi pemakaman dengan menggunakan "kain kafan" tetapi tidak terdapat "POCONG" disana. Bahkan adat Yahudi & Nasrani pun dahulu menggunakan kain kafan.
Mari kita perhatikan ayat Alkitab/Bible perjanjian baru dibawah ini dengan seksama:

"Mereka mengambil mayat Yesus, MENGAFANInya dengan kain lenan yang putih bersih dan membubuhinya dengan rempah-rempah MENURUT ADAT ORANG YAHUDI TERDAHULU bila menguburkan mayat." (Yohanes 19:40)

Disana kita dapati bahwa Yesus dikafani, serta orang-orang Yahudi terdahulu pun dikafani. Tetapi tidak kita pernah mendengar bahwa pada jaman itu terdapat POCONG bukan?

Misteri pocong itu hanya muncul dari paradigma masyarakat yang skeptis alias masih percaya dengan hal-hal mistis dan tidak logis. Seperti yang orang-orang gambarkan dalam bayangan sesosok jenazah yang berbalut kain putih, seperti permen, lantas loncat-loncat meneror warga kampung. Banyak cerita dibalik kemunculan setan pocong ini, misalnya ada orang mati dan sudah dikafani lalu lupa membuka tali pocong yang mengikat kepala jenazah itu sehingga mayatnya gentayangan meminta dibukakan tali pocongnya. Sehingga warga akhirnya menjadi resah dan timbul-lah ke-Syirikan.

Padahal hukum melepas tali kafan itu tidak wajib, hanya saja pendapat yang lebih baik yang saya ambil adalah 'Dengan Melepasnya'. Namun adapun pendapat seperti pernyataan Syaikh Hamd bin Abdul Aziz yaitu “Tidak ada satu pun yang kuketahui tentang masalah ini. Kesimpulan yang tepat dalam masalah ini adalah adanya kelonggaran dalam masalah ini. Jika tali kafan dilepas sehingga wajah mayit tersingkap hukumnya tidak mengapa, sebaliknya jika dibiarkan begitu saja hukumnya juga tidak mengapa”.

Sebagian ulama berpendapat bahwa tidak sunnah membuka sebagian wajah, kecuali bagi seorang laki-laki yang gugur dalam jihad fisabilillah dan laki-laki yang meninggal ketika sedang muhrim maka wajah dan kepalanya tidak ditutupi.

Adapun pendapat yang menyatakan sunnah dengan berlandaskan dalil :

Dari Ma’qil bin yasar : "ketika Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasalam meletakkan jenazah Nu’aim bin Mas’ud di dalam kubur, beliau melepas ikatannya dengan mulutnya." (HR. Imam Baihaqi)

Dari Aisyah ra berkata; "aku melihat Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasalam mencium Utsman bin Mazh’un sementara ia telah meninggal hingga aku melihat air mata beliau mengalir." (HR. Abu Daud dan Tirmidzi).

Juga pendapat Syaikh Bin Baz adalah bahwa melepas ikatan mayit dalam kubur lebih afdhal, sebagaimana hal ini dikerjakan para sahabat.

Abu Daud berkata, ‘saya bertanya kepada Imam Ahmad tentang mengurai ikatan kafan di dalam kubur’, maka imam Ahmad menjawab, ‘Ya.’ Dan berkata putra imam Ahmad, Abdulah bin Ahmad bin Hambal, ‘Saudaraku meninggal ketika masih kecil, ketika mayatnya diletakkan di dalam kubur dan ketika itu bapakku berdiri di pinggiran kubur berkata kepadaku, ‘Wahai Abdullah lepaskanlah ikatannya’, maka akupun melepaskan ikatan kafannya.”

Ketika Syaikh Ibnu Utsaimin ditanya tentang melepas ikatan pada kain kafan dalam kubur, beliau menjawab, ‘dalam melepas ikatan Terdapat atsar dari sahabat Abdullah bin Mas’ud, ia berkata :
“Jika kalian memasukkan mayyit dalam kubur lepaskanlah ikatannya.”

Tetapi mengenai mitos yang KEBANYAKAN ORANG INDONESIA YANG BODOH, KOLOT, KURANG ILMU PENGETAHUAN, sampai berkata bahwa "Mayit yang tidak dilepas ikatan kafannya ketika dikubur maka akan menjadi pocong! lalu si pocong akan berusaha memberitahu keluarganya agar menggali kembali kuburnya dan melepaskan tali ikatan kafannya" adalah pernyataan yang sangat tolol, goblok, bathil, dan jauh dari kebenaran!

Maka dari itu jika ada yang melepas ikatan kafan mayit dengan berkeyakinan agar saudaranya yang sudah meninggal tidak gentayangan dan menjadi pocong adalah suatu perbuatan yang syirik, bid'ah, munkar, dan amat buruk.

Agama Islam adalah agama yang logis, bukan agama untuk orang-orang musyrik yang takut kepada jin dan berlindung pada dukun atau kepercayaan/ritual orang-orang kampung.
Baca lagi Kitab Sucimu!

"Sesungguhnya mereka itu tidak lain hanyalah setan yang menakut-nakuti (kamu) dengan kawan-kawannya, karena itu janganlah kamu takut kepada mereka, tetapi takutlah kepada-Ku, jika kamu benar-benar orang yang beriman". [Ali Imran/3:175].[6]

Sedih sekali tepatnya tadi malam tanggal 1 November 2012 ibunda saya tercinta bercerita bahwa ada kehebohan pocong di kota Jambi lantaran si mayit tidak dilepas kain kafannya. Isu menyebar bahwa si mayit (Seorang wanita bernama Leginah) tidak dikebumikan secara layak oleh keluarganya. Menyebar isu bahwa suaminya beraliran aneh lah, mayitnya tidak disholatkan lah, tali kafannya tidak dibuka, tidak dimandikan, dan lain sebagainya.

Ali, pemuda lain pun memperkuat keterangan Ilham. "Sudah dua minggu ini pertokoan di sekitar asrama polisi, Attaufiq sepi. Jam 9 sudah pada tutup, biasanya jam 2 malam masih ramai," kata Ali.

Herman, lelaki paruh baya, yang bertugas menggali kubur almarhum mengakui, saat prosesi pemakaman, tali pocong pada kain kafan tidak dilepas. "Waktu itu saya sadar tali pocong tidak dibuka, tapi pihak keluarga tak membolehkan," kata Herman.

Parahnya, warga pun menuntut makam Leginah untuk dibongkar lagi.

Namun isu itu dibantah oleh suami almarhumah, Sutrisno. Menurut Sutrisno, istrinya telah dimandikan oleh beberapa orang keluarga terdekat. Yakni adik-adik almarhumah dan anaknya.
“Memang tak disalatkan di mesjid, tapi di rumah. Karena perempuan memang dianjurkan untuk salat dan disalatkan di rumah, bukan di mesjid,” ujar Sutrisno, Kamis (1/11/2012). Ia juga memastikan jenazah dimakamkan sesuai dengan aturan agama.
Dikatakan Sutrisno, tidak benar isu yang berhembus jika tali pocong jenazah istrinya tidak dilepas. Sutrisno mengatakan ia sendiri yang melepas tali pocong yang belakangan menjadi isu yang menghangat tersebut.
“Kami bertiga yang masuk ke dalam kubur waktu pemakaman. Saya di bagian kepala, saya sendiri yang buka tali pocongnya,” ujar Sutrisno.

Terkait hal ini, Kapolresta Jambi Kombes Pol Drs Syamsudin Lubis mengatakan akan mengusutnya. Ditemui di TPU , ia mengatakan polisi akan mencari penyebar isu pocong yang dikait-kaitkan dengan almarhumah Leginah (30) ini.

“Kita akan cari penyebar isunya. Harus diajari bahwa tidak dibenarkan menyebarkan isu menyesatkan seperti itu,” ujar Syamsudin.

Sumber : Tribun Jambi, Kompas Jambi.

Dari yang saya tangkap, yang tersebar bukan isu semata, melainkan FITNAH yang sangat tidak mengenakkan keluarga si Almarhumah. Jadilah manusia yang berpikir logis, alhamdulillah seumur hidup saya belum pernah melihat pocong, mungkin jika saya bertemu dengan pocong apapun itu, dengan seizin Allah akan saya ludahi wajahnya. Karena setan adalah musuh yang nyata bagi saya.

Ingat, setan berjanji untuk menebar fitnah. Dan faktanya benar, dengan penyerupaan bentuknya seperti bentuk-bentuk yang ditakuti orang, akhirnya manusia saling fitnah satu sama lain. Terlebih lagi di Indonesia, yang mana kita tau negara kita tercinta ini memiliki koleksi setan yang tidak sedikit : Pocong, Genderuwo, Kuntilanak, Suster ngesot, Suster keramas, Nenek gayung, Kakek cangkul, dan sebagainya.


Sumber: http://zamrudhijau.blogspot.com/2012/06/sejarah-asal-usul-hantu-pocong-dari.html#ixzz2BLUuce4G

Related Posts :

3 komentar:

Senyum mengatakan...

terimakasih artikelnya mas

Anonim mengatakan...

gw suka ni artikelnya
emang kebanyakan orang indonesia tu bodoh apalagi orang jawa (gua sendiri orang jawa)diboongin sama orang dulu yang takut sama jin
mana ada orang mati bisa gentayangan kalo bisa gua juga mau mati aja kan enak gentayangan
jin itu aslinya takut sama manusia
manusianya aja yang takut sama jin
gua punya pengalaman sama ghaib dulu dibumi perkemahan cibubur malem2 gua lagi lewat bawa motor sama temen
gua ditampakin 3 sosok jin berbaju putih kecil2 kaki ga keliatan pala item
dia ngetawain gua trus gua ketawain lagi gua tunjuk2 lagi mereka takut diem aja
gua lewat lagi ga ada dasar jin makhluk penakut
kalo ga percaya liat di alquran
bener ga jin takut sama manusia

dena mengatakan...

assalammu'alaikum
minta ijin saya share ya Pak. hehe namabah-nambah ilmu gitu :)

Poskan Komentar

 

AKU DI PERSIMPANGAN JALAN

Kebingungan saat ini berkecamuk di otak dan dada. Yang kubingungkan adalah kebenaran paling benar itu apa? Siapa? dan Bagaimana? Termasuk tawaran konsep kehidupan setelah mati yang ditawarkan para agamawan yang bersumber dari kitab suci masing masing. Bahkan dalam satu agamapun terdapat berbagai penafsiran tentang kehidupan ke depan setelah mati. Ataukah setelah mati ya habis dan selesai, sebagaimana konsep yang ditawarkan oleh ilmuwan yang tidak beragama, yang mendasarkan pada penelitian fakta fakta alam? Itulah kini yang kadang berkecamuk di otakku, dan kukira banyak berkecamuk pada jutaan manusia lain di bumi ini.
Untuk agar kita tidak teromabang ambing kita harus meyakini dan memilih konsep konsep itu yang kita anggap paling benar. Baik itu yang berdasarkan agama maupun yang bukan berdasarkan agama.
Dan mungkin kalau aku memilih yang berdasarkan agama yang kuanut, meski kadang masih terombang ambing. Dalam hal ini. dosa besarkah aku?

SURAT NOORDIN M TOP KEPADA BAGUS TV

Ekslusif BAGUSTV.com kami redaksi bagustv.com menerima e-mail dari seseorang yang mengaku Noordin M top berikut isi e-mail tersebut: Assalamualaikum Wr. Wb Saya Noordin M Top mau membenarkan bahwa yang meninggal di temanggung Adalah Ibrohim Alias Boim,Sebenarnya saya memang pada waktu itu berada di Temanggung dengan kedua pengawal Saya dan Ibrohim,Tetapi pada waktu Pegepungan saya berhasil lolos dari kepungan polisi.Saya tidak akan pernah menyerah sebelum amerika beserta sekutunya keluar dari irak atau negara islam lainnya.Kami mempunyai landasan mengapa kita akan terus meneror orang asing: 1. Sebagai Qishoh (pembalasan yang setimpal) atas perbuatan yang dilakukan oleh Amerika dan antek-anteknya terhadap saudara kami kaum muslimin dan mujahidin di penjuru dunia 2. Menghancurkan kekuatan mereka di negeri ini, yang mana mereka adalan pencuri dan perampok barang-barang berharga kaum muslimin di negeri ini 3. Mengeluarkan mereka dari negeri-negeri kaum muslimin. Terutama dari negeri Indonesia 4. Amaliyat Istisyhadiyah ini sebagai penyejuk dan obat hati buat kaum muslimin yang terdholimi dan tersiksa di seluruh penjuru dunia Yang terakhir ….. bahwasanya Amaliyat Jihadiyah ini akan menjadi pendorong semangat untuk ummat ini dan untuk menghidupkan kewajiban Jihad yang menjadi satu-satunya jalan untuk menegakkan Khilafah Rosyidah yang telah lalu, bi idznillah. Dan kami beri nama Amaliyat Jihadiyah ini dengan : “SARIYAH JABIR” الله أكبر ولله العزة ولرسوله والمؤمنون Amir Tandzim Al Qo’idah Indonesia Abu Mu’awwidz Nur Din bin Muhammad Top

PUTRIKU NURUL ILMI AINUT TIJAR HAMAMI

PKS JADI PARTAI TERBUKA BAGI NON MUSLIM, BLUNDERKAH?

Langkah PKS yang menjadi partai terbuka dengan memberikan peluang kepada non muslim menjadi anggota dan malah menjadi pengurus partai sangat beresiko.

Demikian dikatakan peneliti LSI Burhanuddin Muhtadi menyikapi strategi marketing politik yang dilakukan PKS dengan merubah citra dari partai konservatif menjadi partai terbuka. Sebagai bukti, PKS membuka pintu bagi kaum non muslim untuk bergabung. Soal mendulang perolehan suara ini, Burhanuddin Muhtadi pesimis. Kalau itu dilaksanakan, kata dia, PKS akan menghadapi dua resiko.

Pertama, tidak mudah bagi PKS untuk menyakinkan basis tradisional PKS yang konservatif terhadap perubahan citra tersebut, apalagi membuka bagi non muslim untuk bergabung. Kalau mereka tidak menerimanya karena merasa perubahan itu membuat PKS jauh dari tujuan awal didirikan, maka basis tradisional PKS, kata Burhanuddin, beramai-ramai pindah ke partai lain.

Kedua, non muslim sendiri tidak mudah dibujuk untuk bergabung, atau diyakinkan untuk bergabung. Pasalnya, karena PKS sudah terlanjur diindentikkan dengan partai Islam yang konservatif.

Sebelumnya di arena Munas ke II PKS, Presiden PKS Lutfi Hasan Ishaq mengatakan, pihaknya tidak perlu risau akan ditinggalkan kaum muslim dengan terbukanya PKS bagi non muslim. Ini lantaran, PKS masih tetap berasaskan Islam dan Pancasila.

ANAKKU BELAJAR AKTING, BAJU MLOROT

AROGANSI AMERIKA SERIKAT


Argumentasi Amerika Serikat (AS) selaku kiblat demokrasi yang sudah tertanam di benak masyarakat perlu dievaluasi lagi. Pasalnya, implementasi di Indonesia jauh lebih maju ketimbang AS dalam banyak persoalan. Buktinya, AS belum menerapkan sistem pemungutan suara one man, one vote, one value (satu orang satu suara, satu pilihan, dan satu nilai).Demokrasi kita jauh lebih maju dari Amerika. Kita lihat sampai saat ini belum sekalipun calon presiden yang berasal dari kaum hawa, apalagi presiden. Begitu juga dengan calon wakil presiden, hanya kali ini perempuan yang diusung menjadi wakil presiden. Selainnya belum pernah

Kita bisa lihat, Israel terlalu dianak-emaskan terutama dalam persoalan nuklir. Sedangkan Iran yang baru akan membuat instalasi sudah dipersoalkan. Padahal tujuan pembangunan pembuatan reaktor nuklir tersebut murni untuk damai dan kebutuhan energi listrik

Sekarang kita tak butuh lagi penatar demokrasi dari Paman Sam. Amerikalah yang perlu belajar demokrasi dengan Indonesia. Namun semua ini belum sepenuhnya difahami sebagian besar pemimpin bangsa. Sehingga, kita masih mengagung-agungkan implementasi demokrasi Amerika. Padahal itu tidak bagus

Sudah saatnya pemerintah mengalihkan perhatiannya kepada Negara Timur Tengah. Kita mengetahui, krisis global sekarang ini tak terlalu berimbas terhadap negara-negara Teluk. Bursa mereka malah naik, bukan melorot. Jadi tak salah kiranya pemerintah membangun hubungan yang lebih hangat dengan Timur Tengah