Monday 24 December 2012

Kronologi Bentrok Massa Bali. Dua mobil dan satu posko ormas dirusak, tujuh motor dibakar massa.

Dua ormas di bali terlibat bentrokan
Anggota organisasi massa dari Laskar Bali dan Pemuda Padang Sambin Bersatu terlibat bentrok di Denpasar, Senin dini hari, 24 Desember 2012. Akibatnya, tujuh motor dibakar, dua mobil dirusak. Tak hanya itu, satu posko milik ormas Laskar Bali juga dirusak.

Menurut Kepala Sub Bagian Humas Polresta Denpasar, Ajun Komisaris Ida Bagus Made Sarjan, bentrokan itu berawal pada Sabtu 22 Desember 2012. Saat itu kelompok Pemuda Padang Sambian Bersatu melakukan sweeping terhadap toko-toko yang menjual petasan untuk tahun baru. 

Mereka menemukan toko milik Paulina menjual petasan dan kembang api untuk tahun baru. Padahal sebelumnya telah ada kesepakatan untuk tidak menjual sebelum mendekati puncak perayaan tahun baru.

Namun, lanjut Sarjana, toko Paulina merasa memiliki izin. Sehingga toko tersebut tetap menjual petasan dan kembang api. Toko Paulina kemudian meminta dukungan kepada Laskar Bali. Ketegangan hari itu berlangsung, meski tak sampai menimbulkan bentrok.

Keesokan harinya, Minggu 23 Desember 2012, massa dari Laskar Bali menggelar konvoi menuju Mengwi. Mereka hendak menghadiri perayaan ulang tahun rekan mereka, Korlap Laskar Bali Mengwi. "Massa Laskar Bali melintasi Mahendradatta dan Buana Raya, di mana mereka terlibat ketegangan kemarin hari gara-gara toko Paulina," terang Sarjana kepada VIVAnews.

Mengetahui iring-iringan Laskar Bali melintasi daerah mereka, Pemuda Padang Sambian Bersatu mempersiapkan diri. Informasi yang mereka peroleh massa Laskar Bali akan menyerang Pemuda Padang Sambian Bersatu. "Timbul kesalahpahaman. Pemuda Padang Sambian Bersatu memukul kul-kul," kata Sarjana.

Kul-kul merupakan kentongan yang dibunyikan sebagai pertanda bahaya mengncam desa mereka berdasar kebiasaan adat Bali. Semua penduduk, tua, muda, laki-laki dan perempuan harus siap mati dalam pertempuran menghalau bahaya.

Saat iring-iringan Laskar Bali melintas, ketegangan tak bisa dihindarkan. Massa yang sudah mempersenjatai diri dengan senjata tajam terlibat adu mulut. Saat itu terjadi perusakan mobil dan pembakaran motor. "Itu terjadi sekitar pukul 23.10 WITA," kata Sarjana.

Hanya dalam tempo beberapa menit saja Polresta Denpasar tiba di lokasi yanf memang tak jauh dari Mapolresta itu. Dibantu Dalmas dan Brimobda Polda Bali, kedua massa dihalau agar tak terjadi bentrok fisik. Meski berjasil dihalau, konsentrasi massa masih terpusat.

"Sekitar pukul 23.00 WITA hujan turun, namun masa masih terkonsentrasi di sekitar RS Bali Medika dan swalayan Nirmala. Polisi hujan-hujanan menghalau massa," terang Sarjana.

Hingga dini hari sekitar pukul 05.00 WITA, massa di Jalan Mahendradatta dan Jalan Buana Raya, Denpasar mulai mencair. Dari inventarisir kejadian, diketahui sebuah Posko milik LB di Jalan Buana Raya 2, Padang Sambian, dibakar massa.

Juga tujuh sepeda motor juga dibakar massa serta dua mobil Mitsubishi Pajero B 911 RIO dan Toyota Hartop DK867 BP, turut dirusak massa. Semua sepeda motor yang dibakar massa telah diamankan di Polresta Denpasar untuk barang bukti dan kepentingan penyelidikan.

No comments:

Post a Comment