Monday 24 December 2012

Pesta Joget Picu Bentrokan Warga di Ambon. Pangkalan ojek dan posko pemenangan bakal calon gubernur dibakar

Pihak TNI/Polri juga menyiagakan puluhan personel untuk mengamankan lokasi bentrokan hingga siang ini.
Bentrok antara warga di kawasan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon kembali pecah  pada Minggu 16 Desemeber 2012 dini hari hingga pagi hari. Tak ada korban jiwa.
Tapi, beberapa warga yang ikut bentrokan mengalami luka memar akibat dihantam benda tumpul dan lemparan batu.

Satu pangkalan ojek dan satu posko pemenangan bakal calon gubernur, Bob Putilehalat, ikut dibakar massa. Hal ini memicu konsentrasi massa antara kedua kelompok warga yang bertikai. Padahal, bentrokan sudah sempat mereda.

Beruntung, puluhan personel TNI/Polri yang turun langsung ke tempat kejadian perkara berhasil membubarkan massa yang sebagian besar telah membawa senjata tajam itu.

Dalam rangka mengamankan situasi agar tak meluas, Kapolres Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease beserta Dandim Kota Ambon yang terjun ke TKP, bertemu para tokoh dari kedua kelompok warga yang saling baku hantam itu.

Pihak TNI/Polri juga telah menyiagakan puluhan personel untuk mengamankan lokasi bentrokan hingga siang ini. Kapolres Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease AKBP Suharwiyono mengatakan, bentrokan ini terjadi akibat cekcok antara warga mengenai penyelenggaraan pesta joget.

"Ada kesalahpahaman antara warga akibat pesta joget yang tak memiliki izin. Sehingga ada yang melarang. Hal ini kemudian memicu bentrokan. Bentrokan itu kemudian meluas melibatkan warga lainnya," kata Kapolres di lokasi bentrokan.

Untuk mengatasi agar bentrokan tidak meluas, meski belum ada satu pun pelaku yang ditahan, kapolres telah mengumpulkan para tokoh di kawasan IAIN dan diberi pemahaman agar masing-masing bisa menahan emosi dan menjaga kerukunan antarsesama warga di kawasan tersebut.

No comments:

Post a Comment