Tuesday 5 March 2013

20 Orang Kaya Baru di Daftar Forbes. Ada 210 orang kaya baru yang bergabung dalam daftar triliuner itu

Margarita Louis-Dreyfus, salah satu jajaran orang kaya baru versi Forbes.
Majalah bisnis terkemuka, Forbes, kembali melansir daftar orang-orang terkaya di planet bumi. Jajaran orang kaya dunia membengkak menjadi 1.426 orang dengan total kekayaan bersih US$5,4 triliun, dan mencuat beberapa nama baru.

Carlos Slim Helu, masih menjadi orang paling kaya di muka bumi ini, diikuti oleh Bill Gates dan Amancio Ortega sebagai pemilik fashion Zara. Namun, di balik nama-nama lama, muncul 210 orang kaya baru yang bergabung dalam daftar triliunerForbes. Siapa saja mereka? Berikut 20 nama di antara para miliuner baru Forbes itu:

1. Margarita Louis-DreyfousKekayaan bersih: US$6 miliar.
Asal: Swiss
Margarita Louis-Dreyfus mengendalikan bisnis suaminya, Robert, yang meninggal pada 2009 akibat leukimia. Suaminya dikenal sebagai orang yang melambungkan nama Adidas sebagai produk peralatan olahraga terkemuka. Selain itu, Robert memiliki saham mayoritas di klub sepakbola Olympique de Marseille.
Margarita membawa bisnisnya untuk fokus ke komoditas pertanian dan langkahnya tidak salah di tengah meroketnya harga komoditas. Margarita lahir di Rusia, sehingga menobatkannya sebagai wanita terkaya di Rusia.

2. Renzo RossoKekayaan bersih: US$3 miliar.
Asal: Italia

Renzo Rosso dikenal sebagai guru celana jeans. Renzo mendirikan produk fashion "Diesel" 35 tahun lalu, yaitu saat ia menginjak usia 23 tahun.

Rosso tidak lulus kuliah University of Venice, lalu bekerja di pabrik pakaian lokal, Moltex. Rosso mengambil ilmu dari Moltex lalu mendirikan Diesel. Sejak itu, Diesel telah menjadi merek gaya hidup dengan pendapatan mencapai US$2 miliar pada 2012.

3. Fernando BelmontKekayaan bersih: US$2,2 miliar.
Negara: Peru

Belmont merupakan pemilik Yanbal International, perusahaan kosmetik yang berkembang dari penjualan langsung (door-to-door). Penjualan Yanbal pada 2012 mencapai US$720 juta. Perusahaannya berkembang dari Peru, menuju Spanyol dan delapan negara Amerika Latin lainnya.

4. Domenico Dolce & Stefano GabbanaKekayaan bersih: US$2 miliar per orang.
Negara: Italia

Siapa yang tidak kenal dengan Dolce&Gabbana? Produk fashion asal Italia yang telah mendunia. Dolce&Gabbana didirikan oleh duo desainer Italia, Domenico Dolce dan Stefano Gabbana.

Keduanya bergabung dalam daftar Forbes akibat lonjakan pendapatan Dolce&Gabbana hingga US$1,5 miliar pada 2011. Dua pria ini meluncurkan perusahaan 28 tahun lalu dan terus tumbuh hingga hari ini.

5. Michael Pieper.Kekayaan bersih: US$2 miliar
Negara: Swiss

Michael Pieper adalah presiden Artemis Grup, yang terdiri atas pembuat sistem dapur, Franke Artemis Group, dan memiliki saham mayoritas di Feintool Group, perusahaan yang bergerak di bidang pemotongan presisi.

Perusahaan miliknya memproduksi peralatan memasak asal Swiss yang dikenal berkualitas tinggi. Pada 2011, Pieper berhasil membukukan penjualan hingga US$2,4 miliar. 
6. Isabel dos Santos
Kekayaan bersih: US$2 miliar
Asal: Angola

Isabel dos Santos adalah putri tertua dari presiden terlama Angola, Jose Eduardo dos Santos. Dia memiliki saham di beberapa perusahaan di Angola dan Portugal. Isabel tercatat sebagai miliuner pertama Angola dan wanita terkaya di Afrika. Aset paling berharga --dengan perhitungan konservatif mencapai US$1 miliar-- adalah kepemilikan 25 persen saham di Unitel, satu dari dua perusahaan jaringan telepon seluler di Angola. Di perusahaan itu, Isabel menjabat anggota dewan direksi.

7. Lei Jun
Kekayaan bersih: US$1,75 miliar
Asal: China

Lei Jun disebut-sebut sebagai "Steve Job versi China". Dia menjadi miliuner pada 2012 berkat valuasi yang melonjak dari Xiaomi, salah satu perusahaan yang paling cepat berkembang di industri smartphone China. Lei adalah co-founder, chairman, dan chief executive officer(CEO) di perusahaan itu.

8. M.A. Yusuff Ali
Kekayaan bersih:US$1,5 miliar
Asal: India

Yusuff Ali melalui perusahaannya, LuLu Group, adalah salah satu penguasa bisnis ritel di Timur Tengah. Bermarkas di Abu Dhabi, perusahaannya mampu meraup penjualan US$4,25 miliar melalui jaringan bisnis ritelnya. Baru-baru ini, menurut Deloitte, LuLu Group tercatat sebagai satu dari sepuluh perusahaan ritel yang paling cepat berkembang di dunia. Ali lahir dan dididik di India, sebelum pindah ke Abu Dhabi pada 1970 untuk bergabung dengan bisnis perdagangan eceran keluarganya.

9. Pham Nhat Vuong
Kekayaan bersih: US$1,5 miliar
Asal: Vietnam

Pendiri Vingroup ini adalah miliuner pertama Vietnam pada usia 44. Konglomerat di industri real estate itu meraih keberuntungan pertamanya saat berbisnis mi instan di Ukraina.

10. Koh Wee Meng
Kekayaan bersih:US$1,4 miliar
Asal: Singapura

Taipan properti ini menjadi miliuner setelah harga saham perusahaannya,
Fragrance Group, yang terdaftar di Bursa Efek Singapura melonjak selama tahun lalu.

Selanjutnya, 10 miliuner baru lainnya adalah:
11. Ranjan Pai Kekayaan bersih: US$1,3 miliar
Asal: India
Bisnis: Pendidikan

12. Silvio SantosKekayaan bersih: US$1,3 miliar
Asal: Brasil
Bisnis: Televisi

13. Nicholas WoodmanKekayaan bersih: US$1,3 miliar
Asal: AS
Bisnis: Kamera video

14. Ronald JoyceKekayaan bersih: US$1,2 miliar
Asal: Kanada
Bisnis: Restoran

15. Arkady VolozhKekayaan bersih: US$1,15 miliar
Asal: Rusia
Bisnis: Internet
16. Edward StackKekayaan bersih: US$1,1 miliar
Asal: AS
Bisnis: Dick's Sporting Goods
17. Hamdi UlukayaKekayaan bersih: US$1,1 miliar
Asal: Turki
Bisnis: Yogurt
18. Tory BurchKekayaan bersih: US$1 miliar
Asal: AS
Bisnis: Fashion

19. Binod ChaudharyKekayaan bersih: US$1 miliar
Asal: Nepal
Bisnis: Berbagai sektor

20. Pollyana Chu Kekayaan bersih: US$1 miliar
Asal: Hong Kong
Bisnis: Keuangan

No comments:

Post a Comment