Sunday, 21 December 2014

Luar Biasa, 9 Hewan Ini Bisa Memprediksi Bencana

Burung warblers emas

Bencana datang memang tidak terduga, baik itu gempa bumi, longos, gunung meletus dan lain sebagainya. Tetapi sejak jaman dahulu, hewan-hewan tertentu dapat memprediksi bencana alam, mendeteksi penyakit lebih baik, dan sekarang ilmu pengetahuan membuktikan banyak cerita zaman dahulu benar adanya.

Pengamatan lebih dekat terhadap binatang, bisa membantu manusia untuk merencanakan lebih baik sebelum bencana datang, seperti yang dituliskan dalam jurnal Current Biology. Lalu binatang-binatang apa saja yang mampu mengetahui bjika bencana akan datang?

Berikut adalah 9 binatang yang dipercaya ilmuwan bisa memprediksi penyakit atau bencana sebelum datang menghantam kita, yang kami kutip dari Discovery news:

1. Anjing
Penciuman anjing memang tidak diragukan lagi ketajamannya. Hewan yang satu ini kerap dijadikan sahabat polisi, dalam rangka mengetahui beragam ancaman. Anjing juga kerap dilibatkan untuk mencari korban, saat bencana alam. Selain itu, anjing juga mampu mencium kanker prostat dengan akurasi sebesar 98 persen, dan telah diterbitkan dalam jurnal ilmiah.

2. Burung warblers emas
Burung ini mampu memprediksi kapan akan datang badai, seperti yang terjadi saat tim ilmuwan dari Berkeley meneliti burung ini. Dalam waktu kurang dari 24 jam sebelum badai datang, burung ini akan meninggalkan rumahnya untuk menghindari badai.

3. Kucing
Saat gempa bumi besar melanda Jepang, tim dari universitas Tsing Hua melakukan riset bagaimana kucing berhasil menghindar sebelum gempa melanda. Bahkan enam hari sebelum datang gempa, kucing memperlihatkan perilaku yang tidak biasa dan menjadi lebih stres. Peneliti percaya, jika pendengaran kucing yang mampu membuat mereka mengetahui adanya gempa.

4. Sapi
Tim yang sama di Jepang juga mengetahui, jika sapi bisa melakukan hal yang sama, yaitu memprediksi gempa. Sapi-sapi bereaksi dengan menurunnya produksi susu dalam beberapa hari sebelum gempa.

5. Lebah
Serangga yang satu ini selain bermanfaat karena menghasilkan madu, juga bisa memprediksi kapan hujan besar akan datang. Mereka akan bernondong-bondong pulang ke sarangnya sebelum itu terjadi.

6. Kumbang ratu
Kumbang ini mampu memprediksi hawa panas akan menerjang, karena mereka sangat sennsitif terhadap kelembaban udara di sekitarnya.

7. Hiu
Hiu dipercaya merupakan pengejar badai. Mereka akan berkumpul, di tempat di mana akan terjadi badai besar. Terutama jenis hiu macan, tubuh mereka sangat sensitif sekali terhadap perubahan suhu air.

8. Lalat buah
Serangga yang stau ini memang sering mengganggu, terutama saat kita membuka buah, karena mereka sangat tertarik sekali. tetpi siapa sangka, jika serangga kecil ini mampu memprediksi kanker dengan penciumannya. Dipercaya ilmuwan mereka bisa memprediksi beberapa sel kanker, seperti kanker payudara dan tidak menutup kemungkinan kanker jenis lainnya.

9. Beruang Grizzly
Penciumannya yang tajam, membuat beruang grizzly mampu mencium manusia dalam jarak 18 mil. Dipadukan dengan sensor lain di dalam tubuhnya, mereka mampu memprediksi berbagai bencana, bahkan dipercaya bisa mengungkapkan kanker di tubuh manusia.

Selain kesembilan hewan di atas, masih banyak hewan lainnya yang bisa memprediksi bencana, namun belum ada keterangan ilmiah atau penjelasan ilmiahnya. Seperti turunnya binatang dari gunung sebelum terjadi letusan, atau lele yang menghilang sebelum bencana longsor.


SUMBER : http://exspresiku.blogspot.com/2014/12/9-hewan-yang-bisa-memprediksi-bencana.html

2 comments:

  1. maaf pak melenceng sedkit dari postingan,, saya terima jasa perbaikan desain web, bukan pembuat tetapi perbaikan saja,, seperti web ini, saya tertarik menawarkannya pada bapak pemilik blog ini, karna saya liat masih berantakan dalam penyusunan tata letaknya. terima kasih

    ReplyDelete
  2. bapak bisa email saya di cahyacreative@gmail.com

    ReplyDelete