Friday 28 December 2012

iTV, Televisi Masa Depan. Apple merancang iTV. Selamat datang televisi pintar


Kepala Eksekutif (CEO) Apple, Tim Cook, selalu merasa ada yang kurang di ruang keluarganya. Ruang tempat berkumpul anak beranak itu, dianggap Tim Cook, miskin teknologi, sejak puluhan tahun silam.
"Saat saya berada di ruang keluarga, dan menyalakan TV, saya seperti mundur ke 20-30 tahun lalu," kata Tim Cook, dalam sebuah wawancara di stasiun televisi NBC. "Ini  area yang jadi perhatian. Saya tidak bisa bicara lebih dari itu," lanjut Tim Cook.
Setelah wawancara itu, Tim Cook dianggap memberi sinyal Apple siap membesut perangkat TV. Diprediksi namanya adalah iTV.
Ini sebetulnya tak begitu mengejutkan. Rumor soal Apple mengembangkan smart-TV sudah bertiup sejak 2011. Dalam biografi ditulis Walter Issacson, pendiri Apple Steve Jobs pernah mengungkap soal riset TV terintegrasi ini dengan beragam fitur.
“Saya ingin membuat sebuah televisi terintegrasi secara lengkap, dan mudah digunakan,” kata Jobs dalam biografinya. “Ia disinkronkan lewat iCloud serta memiliki antarmuka pengguna (user interface) yang mudah. Dan saya akhirnya bisa memecahkan hal itu,” ujar Jobs.
Di penghujung 2012, kehadiran iTV ini pun kian mendekati kenyataan. Mengutip laman Wall Street Journal, Apple dilaporkan berkolaborasi dengan Sharp dan Hon Hai, untuk ujicoba desain TV beresolusi tinggi dengan layar besar. Hon Hai lebih dikenal dengan sebutan Foxconn, yang selama ini menjadi perakit utama produk Apple.
"Ini belum menjadi proyek formal. Masih dalam tahap awal pengujian," kata sumber itu kepada Wall Street Journal. Laman Business Insider pernah memprediksi iTV akan luncurkan pada 2013.
Spesifikasi
Cnet menyebut, ujicoba Foxconn atas televisi itu memakai layar berukuran 46 hingga 55 inci. Meski laporan Wall Street Journal menyebut iTV ini akan memiliki layar resolusi tinggi, tapi detilnya belum diketahui.
Sebelumnya, Cult of Mac pernah membocorkan spesifikasi Apple TV. Dalam laporan ditulis Leander Kahney, Apple TV itu akan punya bentuk serupa layar monitor LED Cinema Apple.
Selain itu, smart-TV besutan Apple ini juga akan dilengkapi fitur unggulan yang sudah terpasang di iPhone, yaitu Siri dan FaceTime. Dengan begitu, iTV diperkirakan akan memiliki kamera depan dan mikrofon. TV Apple ini nantinya bisa digunakan untuk konferensi video melalui FaceTime, dan perintah berbasis suara melalui Siri.

Pada HDTV ini juga akan dibenamkan kamera iSight. Ia dilengkapi kemampuan pengenalan wajah, dan zoom ke wajah pengguna. Teknologi iSight mampu mengikuti gerak penggunanya, kendati dia berjalan keliling ruangan. Anda bisa membuat panggilan video dari sofa, atau aktivasi suara. Tanpa harus berdiri menghadap TV.
Konten?
Seperti halnya smart-TV lain, perangkat ini tentu mengandalkan konten berbasis akses internet. Lagipula, Apple sudah memproduksi Apple TV dalam bentuk set-top box atau alat seperti dekoder. Jika merujuk konten di Apple TV yang ada saat ini, maka setidaknya TV besutan Apple akan mampu memutar konten digital dari iTunes Store, dan layanan konten digital lain, seperti Netflix dan Hulu Plus.
Selain itu, Apple TV dalam bentuk set top box ini juga bisa digunakan menayangkan foto di Flickr dan iCloud. Beragam video di situs video sharingYouTube, dan Vimeo pun bisa diakses mudah.
Tapi ini masih dianggap kurang. Dari segi konten digital, Apple kalah kelas dari Amazon. Selain itu, Google juga telah menghadirkan Google TV dalam bentukset top box. Jika persaingan Google dengan Apple makin tajam, bisa jadi Google menarik YouTube sebagai konten di Apple TV. Ini tentu mengurangi kualitas konten di Apple TV, juga iTV.
Apple tentu terus menyiapkan konten terbaik bagi iTV, dan menyodorkan keunggulan produknya dibanding TV lainnya. Salah satu strategi yang mungkin adalah menggandeng sejumlah studio besar Hollywood. Mari simak langkah Apple di sepanjang 2013.

No comments:

Post a Comment