Monday 10 December 2012

Orang-Orang Terkaya Ini Tak Lupa Memberi

Bill Gates berbicara di Forum Ekonomi Dunia 2012 Davos.
Menjadi orang terkaya di Amerika Serikat dan dunia versi Forbes tak menjadikan mereka angkuh akan kesuksesannya. Justru apa yang diraihnya ia bagikan dengan yang lainnya karena dalam diri mereka terdapat rasa tanggung jawab untuk memberi dan berbagi.

Forbes beberapa bulan lalu tepatnya bulan September 2012 mempertemukan orang-orang terkaya Dunia dalam acara "The Forbes 400 Summit: Change The World." Seperti tampak pada gambar di bawah ini:

orang terkaya di dunia
sumber gambar: thegatesnotes.com
Orang-orang terkaya tersebut diantaranya Bill Gates, Warren Buffett, Melinda Gates, Steve Case, Leon Black, David Rubenstain, dan banyak lainnya mengemukakan tentang kesuksesan mereka, uang mereka, sudah sepantasnya sebagian diberikan bagi yang membutuhkan demi dunia yang lebih baik.

Perhatikan potongan pembicaraan mereka di bawah ini, saat moderator acara Randall Lane bertanya mengenai tanggung jawab dari seorang yang kaya dan sukses.

Randall Lane (Forbes Moderator):The big question: Do people who’ve been successful have a moral obligation to give? Is it an emotional decision–”I can do good”–or an intellectual decision–”I feel an obligation to do good”?

Poin Pertanyaanya : Apakah orang-orang sukses mempunyai tanggung jawab untuk memberi?


Berikut Jawaban Mereka:

If you get somebody to go to Africa and see the beauty and yet also get a glimpse of what happens to children, that malaria’s this awful thing, not just in terms of deaths but the number of kids who are permanently damaged, never able to learn–they’ve had either malnutrition or malaria–it really draws you in. There’s no substitute for actually going and seeing it.

Poin penting dari apa yang dibicarakan Gates adalah saat anda berkunjung ke Afrika berniat untuk melihat keindahan dunia, namun ternyata berkebalikan yang anda temukan adalah kekurangan gizi pada anak-anak, malaria, tak ada pendidikan membuat anda tersentuh dan anda tak akan mampu meninggalkan mereka atau sekedar melihatnya.

Gates adalah seorang kaya yang dermawan, ia selalu menginvestasikan dan memberikan uangnya demi kepentingan dunia yang lebih baik, seperti pendidikan di africa, india, serta investasi teknologi untuk menyelamatkan energi dunia, dan banyak lainnya. Baca tentang Bill Gates yang selalu bercerita apa yang ia lakukan dalam website resminya thegatesnotes.com.

Warren Buffett: 
It’s a fundamental premise of the Giving Pledge: It’s important for people to declare themselves. A wide spectrum of people, different ages and interests, everything else, are explaining why, to them, it’s important that they give half or more. Are all going to hit with a given reader? No. But a few will. And that’s what counts.

Buffet orang terkaya nomor dua ini mengungkapkan bahwa Memberi adalah hal yang fundamental. Karena hal tersebut sangat penting sebagai deklarasi dirinya bagi orang-orang disektiarnya.

David Rubenstein:
You can only do three things with money. You can give it to your children, you can give it to your executor to give away or you can give it away while you’re alive. And my theory is, it’s much better to give it away while you’re alive. How much can you give to your children before you completely spoil and ruin them? Very few people who inherit gigantic sums have gone on to change the world for the better. Generally the people who’ve changed the world for the better are people who made it on their own and ultimately didn’t want to just distribute wealth to somebody else. If you can give away as much money as you can while you’re alive, you’ll realize the benefits that I just mentioned, you’ll feel much better about yourself–and your children will feel much better about you.

Berikut poin penting yang bisa kita ambil dari pernyataan David:
Anda hanya dapat melakukan tiga hal dengan uang yang dimiliki. Anda dapat memberikannya kepada anak-anak Anda, Anda dapat memberikannya kepada wali Anda untuk memberikannya atau Anda bisamemberikannya saat Anda masih hidup.  

Dan teori saya adalah, itu jauh lebih baik untuk memberikannya saat Anda masih hidup. Jika anda memberikan sebanyak uang yang anda mampu saat masih hidup itu akan membuat diri kita jauh lebih baik dan anak anda pun akan merasa lebih baik tentang dirimu.

Steve Case:
And there are three different ways to give. One is to give money, write a check, which is important. Two is to give your time and really focus on the issue with passion. And three, essentially, is to give your reputation, leverage your network and try to plug people together.

Poin penting dari yang dikatakan Steve adalah:
Ada tiga cara berbeda dalam memberi. Pertama memberi dengan uang, menuliskan sejumlah cek. Kedua adalah memberikan waktu untuk benar-benar fokus dalam suatu masalah dengan semangat. Dan ketiga adalah memberikan reputasi terbaik anda, kemudian memperluas jaringan dan mengajak orang lain berjuang bersama.

Melinda Gates:
On our first trip to Africa, a few months before we were to be married in the fall of 1993, we went to see the animals, and the safari. We had a group with us. We had an amazing trip. We didn’t go to see the poverty. But you can’t but help be in Africa, see the people and say, “Well, what’s going on here?

Poin penting dari Melinda Gates:
Pada perjalanan pertama kita ke Afrika, kita tidak pergi dengan tujuan melihat kemiskinan. Tetapi tidak ada yang bisa dilakukan selain memberikan pertolongan di Afrika, melihat orang-orang dan berkata "apa yang terjadi disini?

Karena itulah, saat ini Bill dan Melinda menjadi salah satu orang terpopuler di Afrika dengan kedermawanananya membantu sesama serta menginvestasikan hartanya untuk pendidikan dan makanan serta pekerjaan bagi orang-orang miskin Afrika.

Leon Black:
Much of the world that I’ve lived in the last 30 years is the world of Wall Street, of finance. The goal has been to make money. And when you deal with teachers and scientists, you’re dealing with so many brilliant young people, where money is just foreign. It doesn’t matter. I find this unbelievably refreshing to see this type of brainpower out there and the dedication.

Poin penting dari perkataan Leon adalah:
Sebagian besar dunia yang pernah saya tinggali 30 tahun terakhir ini adalah dunia Wall Street, keuangan dengan tujuan menghasilkan uang. namun ketika anda berhubungan dengan ilmuwan dan guru, anda sedang berhadapan dengan orang-orang brilian dimana uang adalah hal yang asing, dan tidak begitu penting. membuat kita kagum akan dedikasi mereka.


======================================================================

Sungguh hal yang perlu dicatat dan dicontoh apa yang mereka lakukan demi dunia yang lebih baik. Berupaya memberikan apa yang mereka miliki agar tercipta kehidupan manusia dan bumi yang jauh lebih indah dimasa depan nanti.

So guys, pesannya: belajar berbagi yuk dengan sesama... tak apa jumlahnya sedikit asal ikhlas kita bisa memberikan sedikit kebahagian dan harapan bagi mereka yang memerlukan.

No comments:

Post a Comment