Wednesday 6 February 2013

Tsunami Disinyalir Ratakan Desa-desa di Solomon. Peringatan tsunami dikeluarkan menyusul gempa 8 skala richhter

Kepulauan Solomon
Gempa berkekuatan 8 skala richter yang hari ini mengguncang Kepulauan Solomon memicu gelombang tsunami. Belum ada laporan resmi jumlah kerusakan, namun menurut petugas, beberapa desa pesisir dikhawatirkan telah rata dihantam tsunami.

Diberitakan Sky News, sebelumnya peringatan tsunami telah dikeluarkan untuk Kepulauan Solomon, Vanuatu, Nauru, Papua Nugini, Tuvalu, Kaledonia Baru, Kosrae, Fiji, Kiribitai, Wallis dan Futuna. Peringatan tsunami yang lebih ringan dikeluarkan untuk Samoa, Australia, Selandia Baru, dan wilayah timur Indonesia.

Tsunami dilaporkan telah mencapai Kepulauan Solomon. Menurut direktur sebuah rumah sakit di Honiara, beberapa desa di Santa Cruz telah hancur. Belum diketahui besarnya kerusakan akibat gelombang tersebut.

Sementara itu, gempa susulan berkekuatan 6,4-6,6 SR telah terjadi. Evakuasi dilakukan di Jalan Ratu Sukunu, Fiji. Diperkirakan, sore waktu setempat, gelombang tsunami kecil akan sampai di Suva, Fiji.

Di Honiara, ibukota Kepulauan Solomon, warga berlarian ke tempat tinggi. Warga di Yasawas, Mamanucas dan wilayah barat negara tersebut diminta terus waspada. 

Sebelumnya pada 2007, gempa 8,1 SR di negara ini memicu tsunami dan menewaskan 52 orang, ribuan kehilangan tempat tinggal. Kepulauan Solomon terletak di wilayah Cincin Api, yaitu zona aktivitas tektonik di Samudera Pasifik.

No comments:

Post a Comment