Tuesday 28 July 2009

Pasca Putusan MA, Konstelasi Politik Akan Panas

Pasca putusan Mahkamah Agung (MA) terkait tata cara penetapan kursi dan caleg terpilih pada penghitungan tahap kedua, maka konstelasi politik akan panas dan dinamis.

Demikian disampaikan pengamat politik dari Center for Information and Development Studies (CIDES), Indria Samego, kepada Rakyat Merdeka Online beberapa saat lalu (Senin, 27/7).

“Konstelasi politik antara Partai Demokrat dan partai koalisi akan dinamis dan panas sebab menyangkut masalah kursi di DPR. Kedua, MA mengabulkan permohonan uji materil yang diajukan orang Demokrat (Zaenal Ma’arif) sementara sebelumnya, dengan permohonan yang sama, MA menolak pengajuan dari orang PDIP (Hasto Kristianto). Ini juga ada plus minusnya terhadap dinamika politik ke depan,” kata Indria.

Namun untuk dinamika politik ke depan yang lebih jelas, Indria masih menunggu dinamika dari internal partai-partai politik dan orang-orang yang lolos jadi anggota DPR. Sebab, katanya, merekalah yang akan menentukan arah politik partainya maupun politik Indonesia secara umum.

No comments:

Post a Comment