Saturday 24 November 2012

Kelompok Usaha Bakrie Genap 70 Tahun. Awalnya NV Bakrie & Brothers, lantas mengubah bentuk menjadi PT

Berdoa di makam ayah, dari kiri: Aburizal, Nirwan, dan Indra Bakrie.
Kelompok Usaha Bakrie genap berusia 70 tahun. Selama kurun waktu tersebut, berbagai upaya telah dilakukan untuk menjadi perusahaan yang bermanfaat, baik bagi negara dan masyarakat.
Keberhasilan kelompok usaha ini tidak terlepas dari pendirinya, Achmad Bakrie yang lahir pada tahun 1916. Beberapa tahun setelah menginjak dewasa, Achmad muda bersama kakak kandungnya, Abuyamin, mendirikan Firma Bakrie & Brothers General Merchant and Commision Agent pada 10 Februari 1942 di Teluk Bitung. Perusahaan ini bergerak di bidang penjualan atau perdagangan umum dan keagenan hasil bumi seperti kopi, lada, cengkeh, tapioka dan sebagainya.

Tahun 1943 perusahaan dipindahkan ke Jakarta dan berganti nama menjadi Jasuma Shokai, karena pada saat itu Indonesia tengah berada dalam kekuasaan Jepang. Firma Bakrie & Brothers kemudian berubah menjadi CV Bakrie & Brothers dan mulai merintis hubungan dagang dengan Singapura. CV Bakrie & Brothers kemudian berubah menjadi NV Bakrie & Brothers.

Sepanjang tahun 40-an itu, Achmad mulai menjalin hubungan kerjasama dagang dengan Eropa dan Amerika Serikat, mulai dari ekspor lada, kopi dan lainnya. Kemudian, beberapa bidang usaha lain pun mulai dirambah, seperti pabrik penggilingan padi di Batanghari, Lampung; pabrik pipa baja Talang Tirta, Cemara Tranding Company Limited di Hong Kong, dan pabrik crumb rubber di Palembang.

Nv Bakrie & Brothers lantas mengubah bentuk hukum perusahaan menjadi PT Bakrie & Brothers. Usaha insustri baja, logam, konstruksi dan suku cadang kemudian mulai dikembangkan dan diperluas, termasuk meresmikan pabrik pipa baja untuk air dan gas di Jakarta.

Langkah usaha kemudian dilanjutkan dengan mendirikan PT Bakrie Tubemakers yang memproduksi Malleable Cast Iron Fittings, Valves dan General Castings yang kemudian menjadi PT Bakrie Tosanjaya. Lantas, Yayasan Achmad Bakrie didirikan, bergerak di bidang sosial dan pendidikan.
Bakrie juga belakangan merambah ke sektor pertambangan, media, dan telekomunikasi.

No comments:

Post a Comment