Thursday 7 February 2013

Misteri "Pabrik Gula Sokaraja" Sejarah Yang Di Lupakan

Pabrik gula Kalibagor atau dalam bahasa Belanda adalah Suikerfabriek Kalibagor, ini merupakan Perusahaan Belanda terbesar di daerah banyumas tepatnya di Kalibagor. Pabrik Gula Kalibagor berdiri tahun 1839, pabrik gula yang konon masa operasinya paling lama dibanding pabrik gula lain di ex-karsidenan banyumas.
Area pabrik gula yang lengkap dengan pabrik utama, rumah jabatan pegawai belanda, rumah bagi pegawai pribumi dan jalur sepur tebu yang membentang dari kalibagor. sampai kalimanah (purbalingga) dan kecamaan baturaden (kaki gunung slamet). dan juga di lintasi oleh jalur ex Serajoedal Stoomtram Maatschappij atau sering di sebut dengan (SDS), untuk mengangkut Gula dari pabrik.
Mengenang tempo dulu merupakan perusahaan terbesar pada masanya. kini keadaannya sangat mengenaskan setelah sekian lama tidak beroprerasi. bangunan yang terlihat besar dan luas kini mulai rapuh akibat termakan usia, yang di kelilingi rerumputan, yang membuat hawa mistis setiap orang yang meliwati area itu, ironis memang. 
Suikerfabriek Kalibagor atau sering di sebut dengan Pabrik Gula kalibagor mulai tidak beroperasi sekitar tahun 1996-1997 setahun sebelum era Reformasi.
Dan pada era awal reformasi perusahaan ini dijarah habis-habisan oleh warga sekitar dan bahkan dari daerah lain, entah apa pemicunya. Rumah-rumah dinas dan isi pabrik juga rangkaian rel habis dan hanya menyisakan bekas tanah kosong yang memanjang dan menikung.

Awal revormasi pabrik ini mengalami penjarahan besar-besaran. yang konon para penjarah mengalami musibah yang menimbulkan kerugian lebih besar dari nilai barang jarahannya (dari mulai sakit, kecelakaan, sampe usahanya bangkrut).

menurut penuturan cerita warga setempat tempat kalibagor dan sokaraja dulu merupakan kota industri yang sangat ramai, melebihi purwokerto. di daerah tersebut juga terdapat pabrik-pabrik lain seperti pabrik keramik, pabrik kuningan dan pabrik tepung tapioka yang berada di utara Suikerfabriek Kalibagor.

Pabrik gula ini di sokong oleh perkebunan tebu seluas 400 bau atau 280 hektar lokasinya di dearah sokaraja sampai purbalingga, yang membuat kota kalibagor-sokaraja menjadi kota industri yang sangat ramai di massa nya.
Itulah sedikit kisah tentang Pabrik Gula Kalibagor yang kini hanya sebuah gedung tua besar yang seram berhias semak belukar di kecamatan Kalibagor, Kabupaten Banyumas – Jawa Tengah.

Foto Lainnya
Spoiler

Spoiler

1 comment: