Tuesday 8 January 2013

10 Profesi Dengan Tingkat Stres Tertinggi 2013. Orang dalam profesi stres tinggi tidak selalu membenci pekerjaan

Marinir AS minum darah ular
Profesi apapun memiliki masalahnya sendiri-sendiri. Kerap kali para profesional terlampau sibuk dengan pekerjaan, sehingga mengabaikan bahaya dari tensi kerja yang tinggi. Kadang kurang menyadari bahaya dari setiap stres atau tekanan yang menghantu pekerjaan.
Di samping memahami bagaimana stres itu datang, modus dan bagaimana siasat menyudahinya, yang penting juga diketahui adalah jenis pekerjaan apa saja yang membuat psikis kita gampang terpukul. Mudah stres. Beberapa profesi berikut ini rentan terhadap ancaman itu.
" Dan ada berbagai jenis stres. Stres akibat tekanan, daya saing, stres disorot publik, hingga stres yang berbahaya bagi fisik yang dapat membuat celaka," kata editor CareerCast.com, Tony Lee seperti dikutipCNBC, Senin 7 Januari 2013.
Orang-orang dalam daftar profesi tingkat stres paling tinggi ini tidak selalu membenci pekerjaan mereka, bahkan mereka sudah mengenal resikonya dan sungguh mati mencintai pekerjaan ini.
Berikut 10 profesi dengan tingkat stres tertinggi:
1. Prajurit militer
Pendapatan: US$45.528 per tahun
Prajurit merupakan orang-orang yang berada di garis depan dalam peperangan ataupun menolong korban bencana alam. Resiko fisik dan mental, jam kerja yang panjang dan jauh dari rumah membuat prajurit menjadi pekerjaan nomor satu dengan tingkat stres tinggi.

2. Jenderal Militer
Pendapatan: US$196.300 per tahun
Semua tanggung jawab prajurit berada di tangan Jenderal militer. Mengirim tentara ke medan perang, dan perasaan saat kehilangan anak buah, menyebabkan stres tersendiri yang tidak dapat diukur.

3. Pemadam kebakaranPendapatan: US$42.250 per tahun
Pemadam kebakaran harus siaga 24 jam jika terjadi kebakaran, baik itu di pagi buta ataupun saat musim liburan keagamaan. Menerjang api yang melalap gedung membutuhkan keberanian tersendiri. Bahaya yang dihadapi nyata, kematian yang mengintai setiap bertugas.

4. Pilot pesawat komersial
Pendapatan: US$92.060 per tahun
Menjadi pilot mungkin impian setiap orang, namun pilot pesawat terbang komersial bertanggungjawab pada keselamatan ratusan penumpang ketika menerbangkan pesawat diatas ketinggian ribuan mil dengan kecepatan yang tinggi.

Pilot terkadang harus menerbangkan pesawat di tengah kondisi cuaca yang buruk dan bekerja berjam-jam. Krisis global juga menyebabkan prospek kerja bagi pilot sangat sulit.

5. Public Relation Officer
Pendapatan: US$57.550 per tahun
Seorang pejabat Public Relation (PR), seringkali harus memberikan presentasi dan penjelasan di depan publik. Bidang pekerjaan ini memiliki tingkat kompetisi yang sangat ketat dan pimpinan perusahaan sering kali meminta PR untuk menciptakan dan memperhatahankan citra perusahaan yang baik.

6. Eksekutif Senior Perusahaan
Pendapatan: US$101.250 per tahun
Corporate Executive sepertinya selalu digambarkan naik jet pribadi, dan selalu menumpang mobil mewah. Namun tidak semudah itu, para senior eksekutif harus membuat keputusan yang dapat membahayan perusahaan.

Mereka diharapkan memiliki pengetahuan hampir di seluruh departemen dari sebuah perusahaan. Sehingga para pegawai di level ini diharapkan bisa membuat keputusan yang berdampak pada seluruh pegawai.

Di tengah krisis ekonomi global, para senior eksekutif dituntut tinggi oleh para pemegang saham dan jika performa mereka di bawah target, ancaman pemecatan membayangi.

7. Jurnalis Foto 
Pendapatan: US$40.209 per tahun
Jurnalis foto senantiasa harus berada di lokasi ketika sebuah kejadian besar terjadi. Apakah itu perang, penembakan, bencana alam, seorang jurnalis foto senantiasa hadir di lokasi-lokasi tersebut. Dalam kondisi berbahaya, mereka hadir untuk menangkap moment dan memberitakannya ke seluruh dunia.

8. Wartawan
Pendapatan: US$36.000 per tahun
Tenggat waktu dan persaingan industri media massa membuat wartawan menjadi salah satu profesi dengan resiko yang tinggi. Saat ini berbagai media massa di AS terus melakukan efisiensi, namun di sisi lain menuntut produktivitas tinggi.

"Industri ini berubah dramatis, tingginya PHK dan efisiensi membuat stres para awak media yang bertugas di lapangan," katanya.

9. Supir Taksi
Pendapatan: US$22.440 per tahun
Survei di AS menunjukkan kematian supir taksi tertinggi kedua setelah prajurit militer. Kejahatan di jalanan selalu mengancam keamanan para supir taksi dan ekonomi yang buruk membuat pendapatan menurun.

10. Polisi
Pendapatan US$55.010 per tahun
Menempatkan posisi dalam bahaya dan bertanggung jawab atas nyawa orang lain membuat polisi berada dalam daftar pekerjaan dalam tingkat stres tertinggi.

No comments:

Post a Comment