Tuesday 8 January 2013

Nvidia Rilis Prosesor yang Diklaim Tercepat di Dunia. Prosesor ini lebih cepat enam kali lebih cepat dari pendahulunya

Tegra 4 Nvidia
Perusahaan semikonduktor asal Amerika Serikat, Nvidia, mengumumkan prosesor untuk perangkat mobile terbarunya, Tegra 4.

Perusahaan yang memasok prosesor mobile untuk perangkat Android, termasuk tablet Google Nexus 7 ini mengklaim Tegra 4 memiliki kekuatan pemrosesan yang lebih baik dibandingkan iPad 4.

Tegra 4 merupakan prosesor quad-core yang disebut-sebut enam kali lipat lebih cepat dari pendahulunya, Tegra 3. Untuk menunjukkan kinerja chip tersebut, CEO Nvidia Jen-Hsun Huang menunjukkan bagaimana perangkat yang ditanamkan Tegra 4 bisa mengambil foto dengan rentang dinamis yang tinggi/high dynamic range (HDR) dalam kondisi real time.

Meski Nvidia belum mengungkapkan kecepatan prosesor Tegra 4, prosesor ini diklaim memiliki core 72 GPU. Dalam laman The Verge, Senin 7 Januari 2012, bahkan Huang mengatakan jika Tegra 4 merupakan prosesor mobile tercepat di dunia saat ini.

Seperti dilansir laman Mashable, Tegra 4 menawarkan efisiensi energi yang sama seperti Tegra 3 karena memiliki arsitektur yang sama, yakni ke lima core yang membantu mengatur penggunaan energi. Dengan desain daya yang efisien, Tegra 4 diklaim memungkinkan memasok daya sampai 14 jam 
pemutaran video pada smartphone.

Seri Tegra baru ini didasarkan pada desain ARM Cortex-A15 CPU dan berisi 72 core gpu Nvidia GeForce. Huang juga menunjukkan kekuatan grafis chip Tegra 4 dalam perangkat. Prosesor ini mampu mendorong video resolusi 4K ke sebuah Ultra HDTV. Resolusi 4K merupakan resolusi standar di dunia cinematografi digital dan grafis komputer.

Salah satu dari perangkat pertama yang dipasok Tegra 4 akan didesain dan diproduksi oleh Nvidia. Perusahaan ini disinyalir akan membuat sebuah pengendali game untuk android yang dinamakan Project Shield.

No comments:

Post a Comment