Saturday 9 April 2011

MENGENANG 108 MENIT MANUSIA PERTAMA DI ANTARIKSA

Lima hari dari sekarang adalah momen paling bersejarah dalam dunia antariksa, karena tanggal itu, 12 April, tetap 50 tahun yang silam, untuk pertamakalinya manusia mengirimkan "utusannya" ke jagat raya.

Nama sang utusan adalah Yuri Gagarin. Dia adalah astronot Rusia. Btw, orang Rusia menyebut astronot dengan kata kosmonot.

Ayo! Ini adalah kalimat Yuri Gagarin pada 12 April 1961 ketika meluncur dalam roket Vostok ke orbit luar angkasa untuk menjadi manusia pertama di luar angkasa.

Tidak ada hitung mundur gaya Amerika, di kosmodrom Baikonur di mana Vostok diluncurkan. Hanya ketegangan antara Gagarin dan bapak program luar angkasa Soviet, Sergei Korolev, yang kadang-kadang berkelakar untuk memecahkan ketegangan.

Dan berikut adalah kronologi hari-hari luar biasa Yuri Gagarin pada sepanjang April 1961, termasuk momen 12 April yang membuat Uni Soviet menorehkan babak baru dalam sejarah umat manusia.

9 April - Yuri Gagarin resmi terpilih mengikuti misi yang dijadwalkan untuk tanggal 12 April. Kosmonot cadangannya adalah Gherman Titov yang lalu pada 6 Agustus menjadi manusia kedua di luar angkasa dalam penerbangan ruang angksa seharian itu.
10 April - Tinggal di kosmodrom Baikonur menjelang peluncurannya, Gagarin menulis kepada istrinya untuk membesarkan kedua putrinya sebagai "anggota terhormat masyarakat komunis baru", bila sesuatu terjadi padanya.
11 April - Gagarin dan Titov menghabiskan malam di pondok kayu kecil di Baikonur. "Saya pergi esok hari dan saya sama sekali tak percaya," tulisnya.

12 April

5:30 pagi waktu Moskow: Kedua kosmonot terbangun. Setelah melewati pemeriksaan medis dan menyantap makanan ringan, mereka mengenakan pakaian luar angkasa oranye dan helm ruang angkasa. Gagarin tidak bercukur demi menghormati mitos pilot Soviet sebelum mengikuti penerbangan penting apapun.
5:45 pagi: Gagarin dan Titov dibawa ke lokasi peluncuran dengan memakai bus biru. Bus itu berhenti di tengah perjalanan karena Gagarin mesti ke toilet. Perhentian itu sampai kini dipertahankan sebagai tradisi ritual untuk peluncuran ke ruang angkasa berikutnya.
6:50 pagi: Gagarin turun dari bus dekat landasan peluncuran. Dia dipeluk oKorolev. Seorang pekerja menuliskan "USSR" dalam hurup Rusia pada helmnya.
7:07 pagi: Gagarin menaiki kapsul Vostok-1. Gagarin menunggu akhir persiapan dengan menyanyikan lagu rakyat dan bercanda bersama rekan-rekannya melalui radio. Korolev meyakinkannya bahwa dia diberi pasokan makanan dengan baik dan memperingatkannya bahwa dia mungkin akan berubah gemuk karenanya.
Di detik-detik terakhir, para teknisi melaksanakan perbaikan untuk menutup sang nomor satu yang ternyata benar-benar tertutup rapat.
9:07 pagi: Roket diluncurkan. Gagarin melontarkan sebuah kata amat terkenal "Ayo", tepat saat nadinya mencapai 150 dan Vostok pun meluncur.
9:09 pagi: Gagarin diam untuk beberapa menit begitu tubuhnya menjadi subyek gaya gravitasi (gaya G atau G-Force) yang tidak biasa.
9:12 pagi: Gagarin berbicara lagi lewat radio, "Saya melihat bumi, itu luar biasa."
10:02 pagi: Radio resmi Soviet dengan khidmat mengumumkan berita peluncuran ke ruang angkasa itu kepada publik.
10:09 pagi: Gagarin mengatakan melalui radio yang dia telah kembali di bawah bayangan bumi.
10:25 pagi: Pesawat ruang angkasa itu kembali memasuki atmosfer bumi, roket pendorong melakukan pengereman namun wahanan ruang angkasa itu mulai berputar.
10:35 siang: Pesawat luar angkasa stabil.
10:49 siang: Gagarin menyembur pada ketinggian 7.000 meter, seperti telah direncanakan.
10:55 siang: Wahana ruang angkasa itu mendarat dengan bantuan parasut ke tanah dekat Saratov di daerah Volga.
10:57 siang: Gagarin mendarat dengan parasut sekitar tiga kilometer jauhnya. Orang pertama yang dia lihat adalah seorang perempuan petani dan cucunya yang dia yakinkan mereka bahwa dia bukan makhluk ruang angkasa (alien).
Sebuah helikopter kemudian datang menjemput kosmonot jaya itub ke kota terdekat di mana dia menerima telegram ucapan selamat dari pemimpin Soviet Nikita Khrushchev. Gagarin juga berbicara kepada istrinya, Valentina.

13 April - Gagarin memulihkan diri di sebuah villa elit di kota Volga dari Kuibyshev yang sekarang berubah nama menjadi Samara.
14 April - Gagarin mendarat di Bandara Vnukovo, Moskow. Ribuan rakyat Rusia dibawa ke jalanan yang dihiasi bunga-bunga dan poster berisi sambutan kemenangan membentang di atas mobil terbuka di Lapangan Merah.
Berdiri di Mausoleum Lenin, Gagarin melapor ke Khrushchev yang kemudian memecahkan formalitas dengan merangkul dan mencium kosmonot tersebut. Dia memberikan pidato yang disiarkan oleh seluruh radio dan televisi Soviet. 

No comments:

Post a Comment