Sunday 9 December 2012

Isi dalam Piramida. Di dalam piramida biasanya terdapat ruangan dengan lorong berliku

Piramida Merah, piramida terbesar ketiga di Mesir
Piramida berdasarkan fungsi dasarnya digunakan untuk makam para raja dan keturunan fir`aun, tempat pemujaan dan ada juga yang mengemukakan digunakan sebagai tempat penyimpanan (gudang) makanan untuk menghadapi masa paceklik pada jaman Nabi Yusup. Tapi ada juga yang lebih aneh pendapatnya karena menganggap piramida dibuat oleh para alien pada zaman dahulu :) he he he. Di Mesirterdapat tiga piramida yang sangat besar disamping ada beberapa piramida lainnya yang lebih kecil 3 piramida besar itu adalah khufu, sphinx dan khafre yang sering menjadi kunjungan para turis. Dalam piramida biasanya terdapat ruangan dengan lorong yang berliku dan dindingnya yang penuh dengan pahatan dari batu yang menandakan ini merupakan karya seni oleh seniman yang sangat jenius pada jamannya dan memerlukan tenaga dan biaya yang sangat besar dan mahal, apaliagi kalu bukan kekuasaan raja-raja fir`aun lah yang bisa memberikan kekuatan seperti ini dengan memperbudak warga israel sebagai kuli bangunan.




Dalam sejarahnya warga mesir jaman dulu percaya bahwa pharoh (raja) ketika meniggal akan menjadi osiris atau dewa dunia alam bawah, namun pharoh tersebut tidak akan menjadi dewa jika jasad mereka hancur oleh sebab itu dibuatkan piramida untuk melakukan kegiatan membuat jasad menjadi mumi dan akan awet hingga ribuan tahun dan akan aman disimpan di dalam piramid.

Bayangan pertama kali mendengar kata makam raja-raja fir`au adalah harta kekayaannya yang disimpan didalam makam yang sebesar gunung itu karena memang dalam kenyataannya kerajaan fir`aun merupakan raja yang sangat kaya di dunia pada zaman keemasannya, namun apa yang ada di dalam piramida saat ini tidak sama seperti yang dibayangkan karena dalamnya sekarang hanyalah sebuah ruangan dan beberapa ukiran pada dindingnya. berikut beberapa gambar dalam piramida.

 
Dari salah satu penelitian memang ada yang mengemukakan bahwa piramid bukanlah tempat makan untuk menyimpan harta peninggalan dari fir`aun tapi sebagai hadiah atas keagungan kekuasaan raja yang menandakan bahwa piramid merupakan peninggalan berupa kekuasaan yang sangat besar pada zamannya yang sangat megah

No comments:

Post a Comment