Thursday 1 November 2012

Ini Bunyi Surat Pengunduran Diri 5 Penyidik KPK

 5 Penyidik mengundurkan diri dari KPK dengan mengirim surat ke Pimpinan KPK. Dalam suratnya, mereka menyatakan keinginan untuk mengembangkan karir di Polri. Mereka pun mengapresiasi KPK.

Sebelumnya beredar pesan pengunduran diri penyidik KPK lewat BlackBerry Messenger (BBM). Isi dalam pesan BBM itu menyebut adanya 8 penyidik yang mengundurkan diri. Isi salah satu alasan penyidik itu mengundurkan diri karena KPK yang tidak menghargai Polri. 

Pesan itu beredar sejak Kamis (1/11/2012) siang. Tapi dipastikan pesan lewat BBM itu tidak benar. KPK merilis ada 5 nama penyidik yang mundur, bukan 8. Surat pengunduran diri juga tidak berisi seperti kata-kata di BBM.

Juru bicara KPK Johan Budi membacakan isi surat pengunduran penyidik itu. Isinya jauh berbeda dengan apa yang tersebar lewat BBM itu.

"Salah satu dari surat pengunduran diri itu adalah, saya, nama, jabatan, kepada KPK dengan ini mengundurkan diri dari posisi atau jabatan sebagai penyidik KPK untuk kembali kepada instansi penyidik di Polri setelah sudah cukup value dan pengalaman yang sangat kami sukuri. Semua hal di atas cukup bagi kami untuk mengembangkan karir di Polri," tutur Johan saat membacakan salah satu surat di KPK, Jl Rasuna Said, Kuningan, Jakarta.

Johan melanjutkan, pimpinan KPK belum memutuskan apakah pengunduran diri penyidik itu dikabulkan atau tidak. Namun yang jelas, Johan menambahkan, pengunduran diri 5 penyidik ini akan mempengaruhi kecepatan penyelesaian kasus di KPK. Apalagi para penyidik itu menangani sekitar 4-5 kasus sekaligus.

"Misalnya 5 ini, artinya ada tugas penyidikan rata-rata 4 sampai 5 kasus. Beban yang harus ditanggung oleh penyidik ini akan dibebankan kepada penyidik lain, tentu akan mempengaruhi kecepatan penyidik dalam menangani kasus," kata Johan.

No comments:

Post a Comment