Friday 9 November 2012

Perang Artis di Pilgub Jabar: Dede Yusuf, Rieke, dan Deddy Mizwar

Sejumlah tokoh yang mengawali karirnya dari dunia keartisan beradu kekuatan di Pilgub Jabar. Siapa yang paling memikat hati masyararakat Jawa Barat?

Setidaknya tiga artis tenar akan berlaga di Pilgub Jabar, yakni Dede Yusuf (PD), Rieke Diah Pitaloka (PDIP), dan Dede Mizwar. Dede Yusuf yang saat ini menjabat wagub Jabar akan berpasangan dengan mantan Sekda Jabar Lek Laksamana, Rieke menggandeng Teten Masduki, dan aktor gaek Deddy Mizwar digandeng cagub incumbent Ahmad Heryawan (PKS).
Sementara kandidat cagub Jabar dari Partai Golkar Irianto MS Syafiuddin alias Yance juga diisukan akan menggaet artis. Nama artis yang diisukan akan mendampingi Yance adalah Nurul Arifin, meskipun Golkar juga sedang mendekati mantan bupati Tasikmalaya, Tatang Farhanul Hakim. 

Menurut pengamat politik UIN Jakarta Gun Gun Heryanto, untuk menaklukkan Jawa Barat harus menggunakan vote getter. Lantaran pemilih di Jawa barat yang kurang lebih 29 juta terbagi dalam sebaran geopolitik yang sangat kompleks.

"Vote getter yang dominan di Jabar adalah selebriti, militer, dan mantan birokrat," kata Gun, kepada detikcom, Jumat (9/11/2012).

Sebenarnya pertarungan selebriti di Pilgub Jabar di Pilgub 2013 nanti sudah bisa ditebak. Lantaran pada Pilgub Jabar sebelumnya, artis terbukti menjadi vote getter yang baik di Jabar. Parpol tentu ketagihan untuk mendulang suara dengan mendorong kalangan artis di Pilgub Jabar.

"Di Pilgub sebelumnya ada Dede Yusuf yang terbukti menjadi mesin suara untuk Ahmad Heryawan. Makanya tidak heran PKS mengusung Deddy Mizwar menjadi cawagub untuk Ahmad Heryawan. Masyarakat tentu tahu Deddy Mizwar kerap muncul di iklan televisi," ujarnya menganalisis.

Sedangkan Jabar dikenal sebagai ladang artis sehingga parpol tinggal memilih siapa yang akan diajukan.

"Jabar sendiri memang lumbung industri hiburan. Banyak penyanyi dan selebriti banyak berasal dari Jabar. Ini mungkin jadi katalisator bahwa kalangan artis juga mampu meraih suara signifikan," ungkap Gun.

Terlepas dari itu, parpol juga tak mau main-main dengan Pilgub Jabar. Karena itu segala jalan ditempuh untuk memenangi Pilgub Jabar.

"Suara di Jabar sangat besar. Parpol tentu tidak mau main-main untuk mengambil basis massa di Jabar," tandasnya.

No comments:

Post a Comment