Friday 9 November 2012

SIAPAKAH CALON PEMIMPIN CHINA

Parade Partai Komunis China
Cina segera memiliki pemimpin baru. Sumber yang dekat dengan kepemimpinan mengatakan 10 kandidat utama bersaing untuk tujuh kursi di Komite Tetap Politbiro partai, badan nomor wahid pengambil keputusan yang akan mengarahkan ekonomi terbesar kedua di dunia selama lima tahun ke depan.

Hanya dua kandidat yang pasti akan duduk dalam kepengurusan Partai Komunis dalam Kongres ke-18 yang dimulai pada hari Kamis: Xi Jinping dan wakilnya yang ditunjuk, Li Keqiang, yang direncanakan akan dipasang sebagai presiden dan perdana menteri bulan Maret mendatang.

Dari delapan pesaing yang tersisa, hanya satu memiliki reputasi sebagai pembaharu politik dan hanya satu  wanita.

Berikut ini adalah biografi singkat dari para calon itu:

Xi Jinping
Dianggap sebagai pembaharu yang hati-hati, setelah menghabiskan waktu di posisi teratas di provinsi Fujian dan Zhejiang, dan menjadi wakil presiden. 

Pria 59 tahun ini akan mengambil alih sebagai bos Partai Komunis dalam kongres dan kemudian sebagai kepala negara pada bulan Maret.

Xi dianggap "pangeran" partai, keturunan seorang revolusioner komunis. Ayahnya, mantan wakil perdana menteri Xi Zhongxun, berjuang bersama Mao Zedong dalam perang sipil Cina. Xi menghabiskan bertahun-tahun di pedesaan yang terjal selama Revolusi Kebudayaan, sebelummelanjutkan ke universitas dan kemudian duduk di tampuk kekuasaan.

Menikah dengan seorang penyanyi terkenal, Xi telah menciptakan sebuah gaya politik  yang kadang-kadang tumpul. Xi dipromosikan menjadi gubernur di propinsi Fujian pada tahun 1999 dan menjadi pimpinan partai di provinsi Zhejiang pada tahun 2003. Pada tahun 2007, Xi duduk dalam jabatan tertinggi di ibukota komersial Cina, Shanghai, ketika pendahulunya dilengserkan dalam kasus korupsi besar. 

Li Keqiang
Pengalamannya dianggap yang relatif liberal saat belajar di universitas. Pria 57 tahun ini bakal menggantikan Wen Jiabao sebagai perdana menteri Cina selanjutnya. Sebagai pemimpin baru Cina, dia dianggap masih "muda". Li lahir di provinsi Anhui pada tahun 1955, putra seorang pejabat desa setempat. Pada saat ia meninggalkan Anhui, Li adalah anggota Partai Komunis dan sekretaris brigade produksi pertanian.

Dia belajar hukum di Universitas Peking, yang merupakan salah satu sekolah Cina pertama untuk melanjutkan pengajaran hukum setelah Revolusi Kebudayaan. Dia bekerja untuk menguasai bahasa Inggris dan co-diterjemahkan "Proses Karena Hukum" oleh Denning Tuhan, ahli hukum Inggris yang terkenal.

Pada tahun 1980, Li dalam serikat mahasiswa resmi, mendukung pemilihan kampus kontroversial. Ia naik pangkat dalam partai dan pada tahun 1983 bergabung dengan Liga Pemuda Komunis, dipimpin kemudian oleh Hu Jintao


Wang Qishan
Wang Qishan, 64 tahun, adalah yang paling junior dari empat wakil perdana menteri dan mantan walikota Beijing. Tapi dia memiliki pemahaman tajam masalah ekonomi yang kompleks dan merupakan satu-satunya anggota dari  Komite Tetap telah menjadi kepala eksekutif korporasi, memimpin China Construction Bank 1994-1997. 
Wang adalah seorang negosiator yang berpengalaman dalam negosiasi keuangan dan perdagangan, sebaik sepak terjangnya di Strategic and Economic Dialogue with the United States.
Dia adalah favorit investor asing dan telah lama dilihat sebagai "sang pemecah masalah": memilah krisis utang di provinsi Guangdong di mana dia menjabat sebagai wakil gubernur pada akhir tahun 1990 dan memecat walikota Beijing setelah menutup-nutupi wabah virus SARS yang mematikan pada tahun 2003.
Liu Yunshanseorang konservatif yang tak setuju media diberi kebebasan. Ia mungkin akan mengambil alih bagian propaganda dan portofolio ideologi Politbiro. Dia memiliki latar belakang di media, setelah bekerja sebagai reporter kantor berita Xinhua di Inner Mongolia, di mana ia kemudian menjabat dalam kepengurusan partai dan propaganda sebelum pindah ke Beijing.
Sebagai menteri Departemen Propaganda partai sejak tahun 2002, Liu juga telah berusaha untuk mengontrol internet Cina, yang memiliki lebih dari 500 juta pengguna. Ia dekat dengan Hu Jintao.
 Li YuanchaoTokoh reformis jebolan Amerika Serikat yang jago merayu investasi asing. Li Yuanchao, 61 tahun, mengawasi penunjukan senior partai, pemerintah, militer, dan kepala badan usaha milik negara, dalam kapasitasnya sebagai kepala departemen organisasi partai. Di Komite Tetap, ia bisa memimpin perang melawan korupsi.
Sebagai ketua partai di provinsi asalnya, Jiangsu, dari 2002 sampai 2007, Li sukses menarik investasi asing dari para pemimpin industri global seperti Ford, Samsung, dan Caterpillar. Ia meraih gelar matematika dan ekonomi dari dua universitas terbaik di Cina dan gelar doktor di bidang hukum. Dia juga kuliah di Kennedy School of Government di Harvard University.
Zhang DejiangDia konservatif jebolan Korea Utara. Dia menggantikan Bo Xilai sebagai pimpinan partai komunis Chongqing.
Ia juga menjabat sebagai wakil perdana menteri yang bertanggung jawab atas industri, meskipun rekornya telah ternoda oleh lengsernya menteri perkeretaapian karena kasus korupsi.
Pada saat sebagai ketua partai dari Guangdong, dia selamat membawa pertumbuhan ekonomi, bahkan saat itu berjuang dengan kekurangan pasokan energi, korupsi, kerusuhan, dan epidemi SARS pada tahun 2003.
Zhang Gaoli
Pria 65 tahun ini adalah ketua partai dari kota pelabuhan Tianjin dan anggota Politbiro sejak 2007. Dipandang sebagai sekutu Jiang Zemin tetapi juga diterima oleh Presiden Hu, yang telah mengunjungi Tianjin tiga kali sejak 2008. Ia memperkenalkan reformasi keuangan dalam upaya untuk mengubah kota ini menjadi pusat keuangan di Cina utara.


Wang Yang
Dipandang Barat sebagai mercusuar reformasi politik.  Dia tidak termasuk dalam daftar calon Komite Tetap yang disukai yang disusun oleh Xi, Hu, dan pendahulunya, Jiang Zemin, menurut sumber yang dekat dengan kepemimpinan.  Dia pernah mendapat rapor merah untuk usulan reformasi sosial dan politik. 

 

Yu ZhengshengSukses memajukan Shanghai, dia dianggap the rising star di pertengahan 1980-an sampai suatu ketika saudaranya, seorang pejabat intelijen, membelot ke Amerika Serikat.
Dia selamat karena dekat dengan Deng Pufang, putra tertua almarhum pemimpin tertinggi Deng Xiaoping.

 

Liu YandongSatu-satunya wanita diberikan kesempatan yang serius untuk bergabung dengan Komite Tetap partai, tetapi dianggap sebagai kuda hitam. Ia sosok langka sejak 1949 wanita diberi jatah di Komite Politbiro. Bahkan Jiang Qing, janda mendiang Mao Zedong, tak berhasil melangkah sejauh ini.

Jika dipromosikan, dia bisa mengepalai badan penasehat parlemen, namun usianya, kini 67 tahun, juga akan memaksa dia untuk pensiun setelah hanya satu periode.

No comments:

Post a Comment