Tuesday 18 December 2012

Iran Klaim Sudah Tangkap Empat Drone AS. Militer Iran berhasil menyalin teknologi dan membuat tiruan drone itu

Drone ScanEagle yang diluncurkan dengan mesin ketapel.
Pemerintah Iran mengatakan bahwa hingga saat ini, mereka telah menangkap empat pesawat mata-mata nirawak (drone) milik Amerika Serikat. Namun, yang diketahui publik hanya dua buah.

Diberitakan TIME, Senin, klaim ini disampaikan oleh komandan angkatan laut Garda Revolusi Iran, Ali Fahdevi, pada kantor berita IRNA. Tidak disebutkan kapan dan dimana dua drone lainnya itu tertangkap.

Fahdevi mengatakan bahwa drone ScanEagle yang tertangkap bulan lalu itu adalah drone ketiga yang mereka jatuhkan. Dia mengatakan, setelah itu ada satu lagi drone yang tertangkap tapi tidak diungkapkan.

Tidak ada komentar apapun dari Amerika Serikat terkait klaim ini. Sebelumnya bulan lalu, Gedung Putih membantah ada drone mereka yang hilang saat bertugas. Namun, militer AS membenarkan jika kemungkinan ada drone mereka yang jatuh ke laut.

Sejauh ini ada dua pesawat nirawak AS yang diketahui dipegang Iran, ScanEagle dan UAV RQ-170. ScanEagle adalah drone kelas menengah buatan Boeing yang digunakan untuk tujuan mata-mata. Sedangkan UAV RQ-170 adalah drone paling canggih milik AS.

Iran membedah dua drone tersebut dan berusaha menyalin teknologinya. Fahdevi mengatakan mereka telah berhasil meniru teknologi ScanEagle dan mengoperasikan pesawat tiruan tersebut.

No comments:

Post a Comment