Tuesday 18 December 2012

Langkah Polri Amankan Natal dan Tahun Baru 2013. Operasi Lilin yang digelar 10 hari, sejak 23 Desember 2012

Polri ingin menekan angka kecelakaan lalulintas melalui Operasi Lilin (Foto: ilustrasi)
Markas Besar Polri menyatakan kesiapannya dalam mengamankan hari Natal 2012 dan tahun baru 2013. Untuk itu, mereka akan mengerahkan puluhan ribu personil di seluruh Polda di Indonesia melalui Operasi Lilin yang digelar 10 hari dari 23 Desember 2012 sampai dengan 1 Januari 2013.

"Kegiatan pengamanan ini dilakukan di seluruh Polda, di 31 Polda dengan kekuatan personil dilibatkan, di Mabes Polri ada 942 personil. Di Polda itu ada sebanyak 81.691 personil," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Mabes Polri, Brigjen Pol Boy Rafli Amar dalam keterangannya kepadaVIVAnews, Selasa 18 Desember 2012.

Boy mengungkapkan operasi ini mengedepankan upaya-upaya preventif, dan didukung kegiatan deteksi dini dengan satuan tugas intelijen. Sedangkan prioritas pola pengamanan yang dilakukan adalah mengamankan tempat pelaksanaan ibadah khsusus yang akan dilakukan kegiatan ibadah atau misa Malam Natal, pada Hari Natal dan juga di Malam Tahun Baru.

"Dalam pelaksanaan ini tentu kami berharap, kegiatan perayaan Natal 2012 dan malam Tahun baru 1 Januari 2013 yang akan datang, berlangsung dengan tertib, aman, lancar, dan seluruh kegiatan ibadah dapat berlangsung dengan baik," ujarnya.

Boy mengatakan pengamanan juga dibagi dengan Polda prioritas pertama dan Polda prioritas kedua. Prioritas pertama tedapat 14 Polda, antara lain, Polda Sumut, Polda Metro Jaya, Polda Jabar, Polda Jateng, Polda Jatim, Polda Bali,Polda Kaltim, Polda Papua, Polda DIY, Polda NTT, Sulteng, Polda Sulut,POlda Maluku dan Polda Kalteng. Sedangkan yang lain masuk di Prioritas II. 

"Semua pada prinsipnya melakukan kegiatan-kegiatan pengamanan, hanya dibagi dalam prioritas I dan II," ujarnya.

Selain pengerahan pasukan dari kepolisian, lanjut Boy, Polri juga meminta bantuan kepada TNI, dan unsur dari masyarakat. Kemudian, pos-pos keamanan khususnya di tempat-tempat wisata dan di daerah-darerah wisata atau dijalur-jalur yang diprediksi menjadi rawan kemacetan lalu lintas dan kecelakaan lalu lintas.

"Kami tunggu gelar pasukan. Insya Allah antara 21 dan 22 Desember 2012 dilakukan secara serentak di Jakarta dan di Pusat di Silang Monas. Terkait dengan operasi, pos pengamanan  total ada 3 ribu pos di seluruh Indonesia," terangnya. 

Boy menambahkan pengamanan juga akan dilakukan terhadap jalur-jalur wisata karena masyarakat akan memasuki libur nasional yang cukup panjang yakni dari 24 Desember sampai dengan 1 Januari 2012. Dia berharap kegiatan-kegiatan masyarakat yang terkait dengan pelaksanaan ibadah, atau aktivitas libur lainnya berjalan dengan baik, lancar dan aman.

"Sehingga upaya pencegahan jatuhnya korban, khususnya dengan laka lantas, kejahatan-kejahatan konvensional yang menimpah masyarakat dapat kami tekan," ucapnya.

No comments:

Post a Comment