Tuesday 27 November 2012

Lewat Kartun, Israel Perolok Upaya Palestina di PBB. Tahun lalu, Palestina telah gagal menaikkan statusnya di PBB

Kartun Israel yang memperolok upaya Palestina di PBB
Pemerintah Israel melalui Kedutaan Besarnya di Amerika Serikat memperolok upaya Presiden Mahmoud Abbas menaikkan status Palestina di PBB. Olok-olok ini disampaikan Israel melalui kartun yang menegaskan bahwa upaya Abass akan sia-sia.

Dilansir kantor berita al-Arabiya, Senin 26 November 2012, dalam kartun yang diunggah di Youtube tersebut, digambarkan Abbas sebagai supir bus yang tengah menuju markas PBB. Gambaran ini sesuai dengan langkah Abbas pekan ini yang akan kembali mengajukan peningkatan status ke PBB.

Namun, dalam perjalan busnya, Abbas menemui berbagai rintangan dan rambu-rambu peringatan. Salah satu rambu bertuliskan kutipan dari Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu: "Kami ingin menciptakan perdamaian jangka panjang." 

Rambu lainnya mengutip perkataan Presiden AS Barack Obama: "Perdamaian hanya bisa tercapai melalui negosiasi."

Walaupun banyak ancaman dan rambu-rambu, namun Abbas yang terlihat kocak dalam kartun itu tetap bergeming. Di akhir perjalanan, terdapat persimpangan, sebelah kanan ke PBB sebelah kiri perdamaian. 

Rambu PBB menunjukkan arah sebuah kota yang hancur akibat perang, dengan api dan asap yang masih mengepul. Sementara jalan damai, menurut Israel, akan menjadi wilayah berpadang rumput hijau, seperti syurga.

Kartun ini seakan-akan memberikan peringatan pada Abbas bahwa upayanya di PBB malah akan semakin membuat Palestina semakin menderita. Sebelumnya pada upaya Abbas di PBB yang gagal tahun lalu, Palestina terkena sanksi dari Israel dan AS.

Israel mengancam akan menarik pajak upeti dari pemerintah Palestina. Sementara itu, AS sebagai negara pendonor terbesar Otoritas Palestina, memotong bantuannya. Menurut AS, hal ini dilakukan karena Unesco sebagai badan PBB telah menerima Palestina sebagai anggota, sebelum kesepakatan damai tercapai

No comments:

Post a Comment