Tuesday 27 November 2012

Rekaman CCTV Pengeboman Oslo Beredar di Internet. Melalui pengeboman dan penembakan, Breivik membunuh 77 orang

Rekaman CCTV peledakan bom di Oslo, Norwegia
Untuk pertama kalinya, rekaman CCTV pengeboman di Oslo, Norwegia, oleh Anders Behring Breivik muncul ke muka publik. Dalam rekaman, Breivik terlihat memarkir sebuah van yang beberapa menit kemudian menimbulkan ledakan dahsyat.

Diberitakan Daily Mail, Selasa 27 November 2012, rekaman CCTV yang tidak pernah diperlihatkan ke publik ini beredar di internet, terutama di laman berbagi video Youtube. Dalam rekaman itu, juga terlihat kerusakan parah akibat bom yang menewaskan delapan orang di Oslo pada Juli tahun lalu.

Dalam video, terlihat Breivik yang menggunakan seragam petugas keamanan memarkir sebuah mobil van putih di pintu masuk kantor perdana menteri.
Diduga, bom yang terdapat di dalamnya mencapai bobot hampir satu ton. Untungnya, saat itu perdana menteri tengah tidak ada di tempat.

Setelah memarkir van tersebut, Breivik lalu bergegas menuju mobl van Fiat berwarna abu-abu untuk melakukan penembakan di Pulau Utoya. Sebanyak 69 orang tewas di pulau ini.

Mobil di Oslo meledak hebat. Situasi sekitar sontak porak-poranda. Kaca-kaca gedung pecah, kertas-kertas dan serpihan tembok berserakan. Delapan orang tewas dalam peledakan ini.

Total 77 orang tewas hari itu. Breivik divonis 21 tahun penjara-hukuman maksimal di Norwegia. Sebelumnya, pengadilan beberapa kali melakukan tes kejiwaan untuk memastikan Breivik tidak gila. Akhirnya, Breivik dinyatakan waras dan harus dipenjara.

Dia mengaku adalah anggota kelompok sayap kanan ekstrem. Bekerja seorang diri, Breivik mengatakan ingin memberantas multikulturalisme dan okupansi Muslim di Norwegia. 

No comments:

Post a Comment