Tuesday 6 November 2012

Presiden Rusia Pecat Menteri Koruptor


Presiden Rusia Vladimir Putin memecat Menteri Pertahanan Anatoly Serdyukov karena diduga terlibat skandal korupsi. Pemecatan Serdyukov dilakukan untuk memuluskan proses investigasi yang saat ini tengah berjalan.
Mantan Menteri Pertahanan Rusia Anatoly Serdyukov dipecat karena korup
Diberitakan Reuters, Serdyukov dipecat pada Selasa, 6 November 2012. Posisinya digantikan oleh mantan menteri darurat bencana Sergei Shoigu yang juga pernah menjabat gubernur Moskow. Dalam siaran televisi, terlihat Putin dan Shoigu bertemu membahas peran menhan dan upaya modernisasi angkatan bersenjata.

"Mempertimbangkan situasi yang tengah terjadi di Kementerian Pertahanan, untuk menciptakan kondisi yang baik untuk investigasi yang obyektif, saya memutuskan untuk membebastugaskan Menteri Pertahanan Serdyukov dari posisinya," kata Putin.

Penyelidikan atas Serdyukov dimulai setelah tim penyelidik Rusia menggeledah kantor Kemhan bulan lalu. Ada kecurigaan, Kemhan menjual aset pemerintah kepada perusahaan komersil. Kerugian Rusia akibat kasus ini diduga mencapai US$100 juta.
Tim penyelidik juga mencaritahu hubungan Serdyukov dengan mantan birokrat tinggi militer Rusia.

Serdyukov adalah mantan pejabat departemen pajak Rusia yang diboyong ke Kemhan pada 2007 untuk melakukan reformasi militer. Dia berhasil mengurangi jumlah angkatan bersenjata Rusia dan berupaya memberantas korupsi.

No comments:

Post a Comment