Sunday 11 November 2012

Keju Termahal di Dunia Dibuat dari Susu Keledai Ratu Cleopatra di Mesir konon mandi dengan susu keledai.

Keju pule dari susu keledai, termahal di dunia
Keju telah menjadi salah satu jenis makanan favorit yang digunakan untuk kuliner di seluruh dunia. Biasanya keju adalah olahan dari susu kambing atau sapi, namun ternyata keju juga bisa diproduksi menggunakan susu keledai, bahkan keju jenis ini termasuk yang termahal di dunia.
Keju pule dari susu keledai, termahal di dunia
Seperti dilaporkan Reuters, keju jenis ini diproduksi di sebuah peternakan keledai di Serbia, tepatnya di wilayah Zasavica, suaka alam paling terkenal seantero negeri itu.
Dibuat menggunakan susu keledai yang diperas langsung, keju bernama pule ini dihargai 800 pound sterling atau lebih dari Rp12 juta per kilogramnya. Sekilogram pule dibuat dari sekitar 25 liter susu keledai.

Susu keledai memang sedari dulu terkenal sebagai penganan mahal. Bahkan, Ratu Cleopatra di Mesir konon mandi dengan susu keledai untuk menjaga kecantikannya.

Berwarna putih dan hancur jika dipegang, keju ini mirip keju manchego asli Spanyol. Namun pule rasanya lebih kaya dan enak dibanding manchego.

Jika ingin keju mirip pule namun lebih murah, manchego bisa jadi opsi. Sekilogram manchego dibanderol di supermarket Inggris hanya seharga Rp198 ribu.

Keju mahal lainnya adalah keju yang dibuat dari susu rusa, seharga Rp10 juta per kilogram. Predikat keju premium juga diberikan pada Caciocavallo Podolico, keju yang dibuat oleh sapi Italia peranakan khusus yang hanya memproduksi susu pada bulan Mei dan Juni.

2 comments: