Tuesday 20 November 2012

Trans Corp Kuasai Saham, Carrefour Ganti Nama. Ritel terbesar ini akan berganti nama menjadi Trans Carrefour

Pelanggan Carrefour berbelanja di pusat perbelanjaan Carrefour kawasan Kuningan, Jakarta
Salah satu orang terkaya di Indonesia versi majalah Forbes, Chairul Tanjung, akhirnya menguasai salah satu gerai ritel modern terbesar di Indonesia, Carrefour. Lewat bendera PT Trans Ritel, Chairul Tanjung membeli seluruh saham perusahaan ritel asal Prancis itu.
Sebelumnya, CT, sapaan Chairul Tanjung, baru menguasai saham Carrefour Indonesia sebesar 40 persen. Dengan pengambilalihan ini, Carrefour bakal  berganti nama menjadi Trans Carrefour.
Transaksi pembelian saham lewat perjanjian pembelian saham (Share Purchase Agreement) sendiri sudah dilakukan pada Senin, 19 November 2012 di Jakarta.

"Kami sudah memutuskan untuk memakai double brand untuk memakai Trans Carrefour," ujar CEO Trans Corp, Chairul Tanjung di kantornya, Jakarta, Selasa 20 November 2012.

Untuk aksi akuisisinya ini, Trans Ritel mengaku mendapatkan pinjaman dari sindikasi 10 bank internasional sebesar 520 juta Euro untuk membeli 60 persen saham senilai US$750 juta. Kreditur tersebut antara lain, Credit Suisse, JP Morgan Securities, ING Bank, ANZ, Deutsche Bank dan Standard Chartered.

"Ini jangka waktu 3 tahun, dengan bunga 5 persen" tambahnya.

Dengan transaksi ini, PT Carrefour Indonesia sebagai perwakilan perusahaan induknya di Prancis, harus berubah nama dalam waktu satu bulan ini menjadi PT Trans Ritel.

Untuk mengembalikan pinjaman tersebut, manajemen Trans Ritel bakal mengkaji sejumlah opsi pembiayaan. Salah satu diantaranya adalah menerbitkan obligasi perusahaan.

Bahkan, sambung CT, tak tertutup kemungkinan, perusahaan juga akan mengkaji penawaran umum perdana saham atau Initial Public Offering (IPO) di pasar modal Indonesia. Peluang ini terbuka setelah Trans Ritel menguasai seluruh saham perusahaan ritel tersebut.

No comments:

Post a Comment