Friday 7 December 2012

3 Hari Pesta Miras Tanpa Makan, Dua Pemuda Tewas. Mereka memilih mengisi perutnya dengan ginseng ketimbang makanan

Mereka memilih mengisi perutnya dengan miras ketimbang makanan biasa.
Dua pemuda tewas setelah berhari-hari hanya meminum minuman keras (miras) jenis ginseng tanpa disertai makan di daerah Bojong Indah, Kelurahan Pondok Kelapa, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur.
MJ dan FZ, nama pemuda itu selama tiga hari berturut-turut lebih memilih mengisi perutnya dengan minuman ginseng ketimbang dengan asupan makanan. Alhasil, kedua pemuda berusia 25 tahun itu harus meregang nyawa setelah sempat pingsan.

Kejadian tersebut dibenarkan Kapolsek Metro Duren Sawit, Jakarta Timur, Komisaris Polisi Imran Gultom saat dihubungi VIVAnews, Kamis 6 Desember 2012. "Mereka tewas karena tiga hari cuma minum ginseng, tanpa makan," kata dia.

Kejadian ini bermula, saat MJ dan FZ bersama kelima rekannya JR (22), ON (25), DT (22), RS (22), dan AI (22) berpesta miras di daerah Bojong Indah dari Minggu 2 Desember, sekitar pukul 16.00 hingga Senin pagi, 3 Desember pagi tanpa istirahat. Mereka minum ginseng dicampur Coca-Cola.

Pada Senin pagi itu, kata Gultom, mereka sempat tertidur. Sekitar pukul 12.00 mereka terbangun kemudian melanjutkan lagi pesta miras itu sampai Selasa malam, 4 Desember.

Namun, MJ dan FZ, pada Rabu jatuh pingsan dan dilarikan ke Rumah Sakit Islam, Pondok Kopi, Jakarta Timur. MJ masuk rumah sakit sekitar pukul 13.00, sedangkan FZ menyusul tiga jam kemudian. "Mereka jatuh pingsan dan mengeluh sakit di bagian perut. Sama dokter sempat dipasang oksigen agar mereka sadar," katanya.

Sayang, nyawa kedua warga Kampung Bojong Indah RW 06, Pondok Kelapa, Duren Sawit, Jakarta Timur itu tak dapat tertolong. MJ tewas di rumah sakit sekitar pukul 16.00 WIB. Sementara FZ menghembuskan nafas terakhirnya pada Kamis 6 Desember sekitar pukul 01.00.

Gultom mengaku belum mengetahui apa motif di balik MJ dan FZ hanya minum ginseng tanpa makan selama tiga hari berturut-turut itu. Namun, dia memastikan, tewasnya dua pemuda itu bukan karena minuman ginseng. Melainkan, karena tidak makan selama tiga hari.

"Mungkin karena tidur dan ketika bangun langsung minum miras tanpa makan nasi dulu, perut mereka jadi sakit dan sempat tidak sadarkan diri. Sampai akhirnya mereka tewas," katanya.

Meski demikian, Gultom mengatakan untuk minuman keras jenis ginseng itu tidak dilarang. Sehingga banyak dijual di warung-warung, bahkan minimarket. "Ginseng itu tidak dilarang, kalau minuman keras (miras) yang dilarang itu yang nilai alkoholnya tinggi. Jadi kita harus lihat komposisi minuman itu dulu," ucapnya.

Adapun jasad MJ dan FZ kini telah dimakamkan di daerah tempat tinggalnya. Sementara kelima temannya yang bersama-sama menenggak miras masih dalam keadaan sehat walafiat

No comments:

Post a Comment