Friday 7 December 2012

China Larang Sambutan Mewah untuk Pejabat. Pejabat China kini juga tidak bisa berpidato panjang tanpa isi

Mantan Presiden China Hu Jintao disambut karpet merah
Pemerintahan baru China menerapkan larangan perilaku khusus dan sambutan yang mewah untuk para pejabat tinggi. Dengan peraturan baru ini, tidak akan ada lagi karpet merah, kemeriahan anak-anak dan rangkaian bunga setiap menyambut pemimpin Negeri Tirai Bambu.

Diberitakan Telegraph yang mengutip kantor berita China Xinhua, Selasa, 4 Desember 2012, larangan ini dikeluarkan usai pertemuan 25 orang pemimpin tinggi (Politburo) Partai Komunis China. Dalam pernyataan pemerintah, para pejabat juga dilarang membacakan pidato panjang yang tidak ada isinya.

Sebelumnya dalam beberapa tahun terakhir, para pejabat di Partai Komunis China, bahkan yang terendah sekalipun, mendapatkan perilaku istimewa di tengah masyarakat. Mereka disupiri kemanapun pergi dengan mobil mewah dan disambut bak raja, lengkap dengan puluhan anak-anak sekolah yang bersorak sambil mengibarkan bendera kecil.
 
Para pejabat pemerintah dan partai juga sering berkompetisi siapa yang paling besar kantor pemerintahnya. Persaingan mereka termasuk dalam penyajian prasmanan besar hasil bumi rakyat, menunjukkan kekayaan daerahnya.

Kelakuan para pejabat Partai Komunis membuat jengah warga yang melancarkan kritikan keras, terutama di situs media sosial Weibo. Akhirnya, pemerintahan baru yang dipimpin oleh Xi Jinping membuat kebijakan-kebijakan yang dinilai populis.

Dua minggu sejak dipilih sebagai presiden, Xi hanya menyampaikan dua buah pidato tanpa teks di televisi nasional. Li Keqiang, yang diprediksi akan diangkat perdana menteri pada Maret nanti, dan Wang Qishan, ketua lembaga anti korupsi baru China, mengadakan pertemuan yang melarang seluruh anggotanya menyampaikan pidato yang panjang, namun bertele-tele, tanpa makna.

Pada sebuah seminar Jumat lalu, Wang juga menegur seorang profesor yang memanggilnya dengan sebutan "Sekretaris Wang yang terhormat." Ini adalah bukti bahwa kepemimpinan Partai Komunis China yang baru, ingin menghilangkan kesan arogan dari para anggotanya.

Selain itu, para pemimpin partai juga dilarang datang ke upacara peresmian, gunting pita, groundbreaking atau acara-acara lainnya yang dinilai membanggakan diri. Bepergian ke luar negeri bagi pejabat juga akan dikontrol dengan ketat. Pejabat juga tidak lagi boleh menggunakan voorijder atau menutup jalan raya saat bepergian.

No comments:

Post a Comment