Friday 16 November 2012

Pertamina Incar Kilang Prancis? Pertamina enggan berkomentar karena menyangkut kerahasiaan perusahaan

Menteri Industri Prancis, Arnaud Montebourg, menyatakan PT Pertamina berminat mengakuisisi kilang milik LyondellBassell yang berlokasi di kota Berre, Prancis selatan.
Kilang BBM milik PT Pertamina
"Pemerintah berkomitmen penuh membuat solusi untuk masa depan kilang dan karyawan," ujar Arnaud Montebourg seperti dikutip VIVAnews dari 4-traders.com, Jumat, 16 November 2012.

Salah satu perusahaan plastik, kimia, dan kilang terbesar di dunia ini tengah direstrukturisasi. Sementara itu, unit kilangnya dinyatakan berhenti operasi permanen akibat kesulitan mencari pembeli.
Kilang Berre ini merupakan kilang ketiga yang menghentikan operasinya di Prancis, karena anjloknya permintaan dan meningkatnya persaingan bisnis kilang dari Timur Tengah serta Asia.

Sementara itu, Wakil Presiden Komunikasi Korporat Pertamina, Ali Mundakir, enggan berkomentar mengenai rencana Pertamina untuk mengakuisisi kilang Berre I'Etang yang berlokasi di dekat Marseille itu. "Kami belum bisa disclose, karena menyangkut kerahasiaan perusahaan," paparnya.

Kilang Berre I'Etang berlokasi di Prancis selatan dengan kapasitas awal 125.000 barel per hari. Sejak 1998, kapasitas diturunkan menjadi 80.000 barel per hari atau 4 juta ton per tahun. Kilang ini dibangun pada 1929 oleh Shell dan pada 2008 diakuisisi oleh LyondellBassell.

No comments:

Post a Comment