Monday 12 November 2012

Langgar Kode Etik, BBC Terancam Tutup? BBC mengutip tuduhan seseorang tanpa melakukan konfirmasi

Kantor berita terbesar di Inggris, BBC, tengah diterpa permasalahan, mulai dari pelanggaran kode etik jurnalistik hingga pelecehan seksual. Jika tidak segera dibenahi, bukan tidak mungkin BBC yang didanai pemerintah ini bisa tutup.
Ketua BBC Trust, Chris Patten
"Apakah BBC perlu perombakan menyeluruh? Tentu saja," kata ketua BBC Trust, Chris Patten, dalam acara talkshowyang dibawakan oleh Andrew Marr di London, Minggu, 11 November 2012, dilansir New York Times.

Pernyataan ini menyusul pengunduran diri George Entwistle, Direktur Jenderal BBC, karena kasus pelanggaran kode etik jurnalistik yang dilakukan kantor berita ini pada acaraNewsnight, 2 November lalu.

Dalam acara tersebut, BBC mengetengahkan pelecehan seksual pada tahun 1980an terhadap seorang bocah bernama Steve Messham. Walau dalam acara itu tidak disebutkan nama pelakunya, namun opini publik di internet menyebutkan bahwa politisi yang dimaksud dalam acara itu adalah Alistair McAlpine.

Messham yang kini telah dewasa seminggu kemudian meralat pernyataannya. Dia mengatakan bahwa salah menuduh orang. BBC dalam hal ini juga dianggap melanggar kode etik karena tidak melakukan konfirmasi dan pengecekan fakta kepada tertuduh. Patten menyebut tindakan para reporter BBC ini sebagai "praktik jurnalisme buruk yang tidak bisa diterima".

Setelah terungkapnya kesalahan itu, Entwistle menyatakan mengundurkan diri karena merasa bertanggung jawab telah membiarkan penyiaran acara yang dianggapnya sebagai "pelanggaran standar-standar jurnalistik".

Akibat tuduhan ini, nama McAlpine ramai dibicarakan di berbagai media massa dan sosial media Twitter. Dia berencana melayangkan gugatan ke beberapa pihak, termasuk Newsnight,BBC, dan Twitter karena telah mencemarkan nama baiknya.

Peristiwa ini menambah buruk citra BBC. Sebelumnya, bintang televisi BBC tahun 60an yang kini telah meninggal, Jimmy Savile, terbukti telah melakukan pelecehan seksual terhadap sedikitnya 300 orang wanita remaja selama puluhan tahun. Savile yang meninggal di usia 84 tahun 2011 lalu terbukti melakukan pemerkosaan dan pelecehan seksual di studio BBC, rumah korban dan rumah sakit.

Patten mengatakan, BBC harus segera melakukan perombakan total demi menjaga keberlangsungan kantor berita dengan 23.000 pegawai di seluruh dunia ini. Pasalnya, kini banyak opini publik yang mempertanyakan apakah pemerintah Inggris masih harus mempertahankan BBC yang menyedot anggaran negara hingga US$6 miliar per tahun di tengah krisis Eropa.

"BBC sangat dihormati di seluruh dunia. Itu harus kita pertahankan, jika tidak, maka BBC akan berakhir," kata pria 68 tahun ini.

No comments:

Post a Comment