Wednesday 7 November 2012

Pesawat Legendaris Airscapade DC3 Mendarat di Yogya (Memecah rekor pada 1936, saat dipiloti seorang perempuan, Jean Batten.)

Pesawat legendaris Airscapade DC3 yang pernah menjelajahi dunia pada tahun 1936 silam hari ini singgah di Bandara Udara Adisutjipto, Yogyakarta dalam rangka melakukan napak tilas.

Pada 1936 lalu, Airscapade DC3  dipiloti Jean Batten, pilot perempuan yang saat itu berusia 27 tahun. Pesawat itu menjelajah dari Inggris menuju Selandia Baru dalam waktu 11 hari 45 jam. Jean Batten, merupakan pilot perempuan asal Rotorua, Selandia Baru, yang pertama kali menaklukkan rute penerbangan dari Inggris ke Selandia Baru. Penerbangan itu merupakan rekor dunia yang lama tidak terkalahkan selama 40 tahun.

Kali ini, pesawat itu berangkat dari Selatar Singapura langsung menuju ke Bandara Adisutjipto Yogyakarta. Pesawat yang dipiloti oleh Christian Goezinne itu juga langsung diperiksa dan diisi bahan bakar.

"Ini adalah penerbangan napak tilas yang sudah dilakukan Jean Batten 76 tahun lalu," kata Christian, saat ditemui Bandara Adisutjipto, Yogyakarta, Rabu 7 November 2012.
Pesawat  Airscapade DC3  
Ia mengaku, bahwa dirinya merupakan pilot yang sering mampir ke Indonesia. Sementara, kru dan penumpang lain kemungkinan besar akan mengunjungi Candi Borobudur yang merupakan salah satu keajaiban dunia.

Berdasarkan pengamatan VIVAnews, di badan pesawat tertera nomor lambang N451ZS bertuliskan AIRSCAPADE DC3. Di ekor pesawat ada gambar Jean Batten, pilot perempuan yang pernah menjelajah Inggris-Selandia Baru pada 1936.

Para kru dan penumpang pesawat diantaranya adalah Christian  Goezinne (Belanda),  Phillipe A Jay (Perancis), Paul Bazeley, (Inggris) ketiganya adalah pilot. Sedangkan penumpangnya adalah
Mark Oremland (Hungaria) Faven Serge (Perancis), Leoni Catheline (Perancis), Peter  Hill (Inggris) dan Pierre
Padovani (Perancis).

Lalu di Singapura tambah penumpang yaitu  Gabriel Lang (Perancis),  Johanes Schoeter (Jerman) dan  Xiaoyang Yu (China). "Kru dan penumpang lain mungkin akan ke Borobudur," kata dia.

No comments:

Post a Comment