Wednesday 7 November 2012

Dubes AS: Pemilu Kali Ini Sangat Ketat

Duta Besar AS untuk Indonesia, Scot Marciel, menilai pemilu Presiden di negaranya kali ini akan berlangsung sangat ketat. Hasilnya paling cepat bisa dilihat di penghujung hari ini.
"Saya pikir hasilnya akan sangat ketat. Namun yang penting persaingan di Pemilu AS ini tetap berjalan secara demokratis," kata Dubes Marciel saat memantau hasil Pemilu Presiden AS 2012 bersama dengan para diplomat Amerika dan sebagian masyarakat Indonesia di suatu hotel di Jakarta pada Rabu pagi WIB. 
Dubes AS, Scot Marciel (tengah)
Dubes Marciel memang benar. Berdasarkan penghitungan langsung yang disiarkan stasiun berita CNN, Mitt Romney sementara ini unggul tipis atas Presiden Barack Obama, baik secara perolehan suara paling banyak (popular vote) maupun secara proporsional (electoral college). 
Menurut Marciel, pemungutan suara di hampir semua tempat di Amerika telah ditutup sehingga penghitungan sudah berlangsung. Dia tidak bisa memastikan kapan hasil yang menentukan bisa dicapai.
"Persaingannya tergolong ketat. Diperkirakan hasil yang menentukan bisa diketahui di penghujung hari ini atau besok," kata Dubes Marciel. 
Di AS, pemenang Pemilu bukan ditentukan dari jumlah suara populer terbanyak, namun melalui mekanisme penghitungan khusus yang disebut electoral college. Menurut stasiun berita BBC, berdasarkan mekanisme itu, setiap negara bagian diberi sejumlah electoral votesdalam komposisi yang berbeda, sesuai dengan proporsi penduduk masing-masing. Pemenang ditentukan bila berhasil meraih sedikitnya 270 electoral votes

No comments:

Post a Comment