Wednesday 7 November 2012

Pahlawan Nasional untuk Bung Karno, Istana Undang Megawati

Dua Proklamator Kemerdekaan RI, Soekarno-Hatta akhirnya mendapat gelar Pahlawan Nasional. Penganugerahan akan diberikan pada Rabu 7 November 2011 besok. 

Terkait itu, Istana mengundang mantan Presiden Megawati Soekarnoputri hadir dalam upacara penganugerahan gelar pahlawan kepada Bung Karno. Demikian juga dengan seluruh keluarga Bung Karno dan Bung Hatta.

"Tentu semua keluarga, ahli waris, keluarga dari Bung Karno dan Bung Hatta semua diundang. Satu penghormatan, penghargaan terhadap keluarga kan," kata Juru Bicara Presiden Julian Pasha di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Selasa 6 November 2012.

Namun demikian, Istana menyerahkan siapa dari pihak ahli waris yang akan mewakili penganugerahan itu. "Ya itu kan nanti diserahkan kepada keluarga, keluarga yang memutuskan siapa yg nanti akan menerima, itu kan keputusan keluarga," katanya.

Megawati datang? "Jangan tanya saya dong," tukas Julian. 

Sebelumnya, Menkopolhukam Djoko Suyanto mengatakan, alasan pemberian gelar akan disampaikan Presiden SBY dalam sambutan khusus besok. 

Pemberian gelar Pahlawan Nasional disambut gembira keluarga besar Soekarno dan PDIP. "Kami bersyukur akhirnya keraguan tentang status Pahlawan Nasional Bung Karno yang selama ini ada sudah hilang," kata Ketua Fraksi PDIP Puan Maharani dalam keterangan persnya, Selasa 6 November 2012. (umi)

No comments:

Post a Comment