Wednesday 7 November 2012

Pemilihan DPR AS, Partai Republik Tetap Mendominasi

Bersamaan dengan terpilihnya kembali kandidat incumbent dari Partai Demokrat, Barack Obama sebagai Presiden AS, hasil pemilu kongres AS juga telah diketahui. Tidak terjadi perubahan kedudukan yang signifikan dalam DPR AS. Partai Republik masih tetap mempertahankan dominasi atas Partai Demokrat.
Setelah kalah dari Partai Republik pada pemilu kongres tahun 2010 lalu, para anggota legislatif Partai Demokrat berniat meraih kembali dominasi dalam DPR AS. Namun sayangnya upaya mereka gagal. Justru anggota legislatif dari Partai Republik yang berhasil menumbangkan para incumbent Demokrat di negara-negara bagian yang rawan.

Hal tersebut semakin diperburuk dengan pensiunnya sejumlah besar anggota legislatif dari Partai Demokrat. Menurut hasil penghitungan yang dilansir CNN, Partai Republik berhasil meraih suara lebih banyak atas Partai Demokrat dalam DPR AS. Sebanyak 224 kursi dari total 435 kursi, berhasil diraih Partai Republik. Sedangkan Partai Demokrat hanya meraih 170 kursi saja.

Seperti dilansir New York Times, Rabu (7/11/2012), Partai Republik meraih kursi tambahan dari negara bagian North Carolina, yang ditinggalkan oleh anggota legislatif Demokrat Brad Miller yang pensiun. Di negara bagian tersebut, kandidat Demokrat Charles Marlone dikalahkan oleh kandidat Republik George Holding yang seorang mantan jaksa federal. Seorang incumbent legislatif dari Partai Demokrat Larry Kissel juga dikalahkan oleh kandidat Republik Richard Hudson.

Di negara bagian Kentucky, kandidat Republik Andy Barr berhasil menumbangkan kandidat Demokrat Ben Chandler. Kemenangan Andy ini sekaligus membalas kekalahannya atas Chandle pada pemilu kongres tahun 2010 lalu.

Sementara itu, beberapa kandidat Demokrat masih berhasil menang di sejumlah negara bagian, meski jumlahnya tidak signifikan. Beberapa kandidat dari Partai Demokrat berhasil meraih kemenangan di Florida, Illinois, New Hampshire, Georgia dan sebagainya.

Sedangkan wilayah yang menjadi penentu kemenangan Republik dalam DPR AS berasal dari negara bagian Iowa dan Pennsylvania. Meskipun Obama dari Partai Demokrat meraih suara mayoritas di dua negara bagian tersebut dalam pilpres, namun hasil pemilu kongres didominasi Republik.

"Untuk 2 tahun ke depan, dominasi kita atas DPR telah menjadi garis pertahanan utama bagi rakyat Amerika melawan pemerintah yang menghabiskan anggaran terlalu banyak, memberlakukan pajak terlalu besar, dan mengajukan hutang terlalu banyak tanpa diperiksa," tutur Ketua DPR AS John A Boehner yang tetap menjabat.

"Dalam menghadapi hutang nasional yang mengancam masa depan anak-anak kita, tujuan utama kita adalah meloloskan anggaran yang bisa memecahkan persoalan tersebut," imbuh politisi Partai Republik ini

No comments:

Post a Comment