Sunday 2 December 2012

Jokowi Wajibkan PNS Pakai Baju Betawi Tahun Depan "Akan saya paksa, meskipun depannya aja, itu harus ada karakter."

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo alias Jokowi
Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo, mengumpulkan ribuan pejabat RT, RW, PKK, serta elemen masyarakat lainnya, Minggu 2 Desember 2012.
Gubernur yang biasa disapa Jokowi itu menyampaikan niatnya, PNS Pemda DKI Jakarta wajib pakai baju Betawi, mulai tahun depan.
Jokowi mengusulkan, PNS di lingkungan Pemda DKI memakai baju ala Betawi itu tiap hari Rabu. Hal ini, menurutnya, berguna untuk memperkuat identitas Jakarta sebagai tuan rumah dari pusat kebudayaan Indonesia. Dan, tuan rumah Jakarta adalah suku Betawi. "Ini masih diproses apakah pakaian demang, abang dan none atau apa, sedang diproses," kata dia di Istora Senayan, Jakarta.

Ada upaya lain dalam meningkatkan kebudayaan Jakarta ini. Misalnya, memasukkan unsur-unsur atau arsitektur Betawi dalam seluruh pembangunan infrastruktur umum yang dikerjakan PU.
Dia menilai, arsitektur Betawi memiliki nilai kebudayaan dan keindahan tersendiri dan hal ini sudah terlupakan selama puluhan tahun. "Akan saya paksa, meskipun depannya aja, itu harus ada karakter," tambahnya.

Khusus untuk mempromosikan budaya Jakarta, Jokowipun berjanji akan menggelar perayaan besar pada pertengahan tahun depan. Perayaan tersebut akan fokus dalam mempromosikan ondel-ondel sebagai ciri khas Betawi. "Oleh sebab itu, saya mengajak semua eleman bergerak tidak mungkin pemdanya saja."

No comments:

Post a Comment