Sunday 2 December 2012

VIDEO: Warga Yahudi Prancis Dukung Palestina. Mereka ingin Palestina-Israel berdampingan sebagai negara berdaulat

Warga Palestina merayakan peningkatan status di PBB.
Dukungan pemerintah Prancis atas perubahan status Palestina di Perserikatan Bangsa-Bangsa menjadi ‘negara pengamat non-anggota PBB’ disambut baik oleh warga Yahudi di kota Paris.

Meski dukungan Prancis kepada Palestina ini menuai kecaman dari Amerika Serikat sebagai sekutunya, namun warga Prancis berpendapat warga negara Palestina harus segera merasakan kemerdekaan setelah mengalami berbagai penderitaan dan penindasan oleh Israel.

Kebijakan pemerintah Prancis mendukung terbentuknya negara Palestina ini juga didukung oleh warga Yahudi Paris yang tinggal di Distrik Marais – distrik yang moyoritas dihuni oleh mayoritas Yahudi. Warga Distrik Marais ikut gembira atas keputusan peningkatan status Palestina di PBB itu.

Mereka berharap, jika upaya diplomasi Palestina berhasil dan Palestina akhirnya bisa menjadi negara berdaulat, maka kekerasan oleh Israel dapat berkurang atau hilang sama sekali. Warga Yahudi di Distrik Marais ingin Palestina dan Israel dapat hidup berdampingan secara damai sebagai dua negara dalam satu area bersama.

Lihat videonya di tautan ini.

Sementara itu, Amerika Serikat justru mengkritik voting Majelis Umum PBB yang menghasilnya peningkatan status atas Palestina. Menteri Luar Negeri AS Hillary Clinton berpendapat, hasil voting itu menjadi rintangan menuju terwujudnya perdamaian Palestina. Lihat sikap AS di tautan video ini.

No comments:

Post a Comment