Sunday 2 December 2012

Bantu Korut Buat Roket, Iran Kirim Tim Ahli. Korut akan meluncurkan roket keduanya pada bulan ini

Tentara Korea Utara berjaga di depan roket Unha-3 yang gagal meluncur April lalu
Pemerintah Iran dilaporkan telah mengirimkan tim ahli pertahanannya ke Korea Utara untuk membantu pengembangan roket negara tersebut. Rencananya bulan ini, Korut akan melakukan uji peluncuran roket keduanya setelah yang pertama gagal.

Informasi ini disampaikan oleh kantor berita JepangKyodo News yang dikutip Reuters pada Minggu, 2 Desember 2012. Korut dijadwalkan meluncurkan roket keduanya antara tanggal 10-22 Desember, berdekatan dengan hari peringatan kematian Kim Jong-il.

Menurut Kyodo, Iran mengirimkan empat orang ahli dari Kementerian Pertahanan dan perusahaan pengembang senjata di negara itu. Menurut sumber diplomat Barat, tim ahli Iran ini tinggal di fasilitas militer sekitar 85 km dari perbatasan China.

Sebelumnya April lalu, Korut juga meluncurkan roketnya namun gagal karena meledak di udara. Korea Selatan menuduh Korut tengah mengembangkan senjata, namun pemerintahan Kim Jong-un mengatakan bahwa roket itu untuk menerbangkan satelit cuaca.

Pada peluncuran roket bulan ini, Korut beralasan bahwa ini untuk tujuan damai. Peluncuran roket ini juga berdekatan dengan waktu pemilihan presiden Korea Selatan pada 19 Desember.

Awal tahun ini, Iran dan Korut telah menandatangani perjanjian kerja sama ilmu pengetahuan dan teknologi. Sebelumnyam hubungan kedua negara memang sangat erat. Menurut kabel diplomat AS yang bocor tahun 2010, diplomat Paman Sam meyakini Iran mendapatkan suku cadang rudal balistik dari Korut.

No comments:

Post a Comment